Pemkot Bandung Siap Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanegara

BANDUNG, BEDAnews.com – Pemkot Bandung menegaskan sudah siap untuk memproses penyuntikan kedua bagi para penerima vaksin Covid-19 yang telah disuntik sebelumnya.

Penegasan tersebut, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanegara setelah Dinas Kesehatan Kota Bandung menerima 25.000 dosis kedua vaksin Covid-19.

Vaksin Covid-19 yang didistribusikan di Kota Bandung pada 14 Januari 2021 silam merupakan vaksin bertipe single dose. Sesuai prosedur dan ketentuannya, vaksin ini harus diberikan sebanyak dua kali kepada para penerima vaksin.

Ahyani Raksanegara menyatakan, vaksin Covid-19 dosis kedua ini sudah dapat didistribusikan ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang ditunjuk mulai Rabu, 27 Januari 2021.

“Distribusi vaksin ini akan kita sesuaikan dengan jadwal pemberian dosis pertama yang telah dimulai dari 14 Januari lalu. Karena ini dosis kedua jadi dijadwalkan tepat 2 minggu setelah pemberian melalui penyuntikan dosis pertama,” tutur Ahyani Selasa (26/1/2021).

“Besok, fasilitas-fasilitas kesehatan sudah mulai dapat mengajukan permohonan vaksin dosis kedua. Sesuai dengan sasaran vaksin yang ada mulai pada 28 Januari,” jelasnya.

Vaksin dosis kedua, lanjut Ahyani, secara komposisi tidak ada bedanya dengan vaksin yang disuntikan pada dosis pertama. Namun vaksin ini akan melengkapi dosis sebelumnya. Itu pun diberikan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Seperti diketahui, hingga Minggu 24 Januari lalu telah ada sebanyak 6.911 Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di Kota Bandung telah menerima vaksin. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan jadwal yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. (Ricard)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Sriwijaya Air, Malang Nasibmu

Next Article

Pemprov DKI Jakarta Gercep Antisipasi Kebutuhan Lahan Pemakaman

Related Posts