Kasespim Lemdiklat Polri Buka Pendidikan Sespimma Secara Virtual

BANDUNG, BEDAnews.com – Kasespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol Rokhmad Sunanto memimpin upacara pembukaan pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan tingkat Pertama Polri, yang dilaksanakan di mako Sespimma Jl Maribaya 53 Lembang, Selasa (23/2/2021).

Sebanyak 100 orang peserta didik (serdik) terdiri dari 75 orang polisi pria dan 25 orang polisi wanita, para perwira- perwira muda dari sumber Akpol, sumber sarjana dan perwira Inspektur polisi yang telah lulus seleksi baik tingkat daerah maupun pusat akan dididik selama 4 bulan menjadi pemimpin polri tingkat pertama yang nantinya akan tersebar bertugas di seluruh kesatuan Polri se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Kasespim menekankan meskipun proses pembelajaran dilaksanakan secara virtual diharapkan para serdik lebih aktif memacu diri untuk belajar mandiri dengan banyak membaca buku-buku referensi yang telah disampaikan, selain mengikuti kuliah yang sudah terjadwal.

Hal ini justru dituntut kedewasaan dan kesadaraan para serdik tidak boleh terlena dengan rutinitas pekerjaan rumahan sehingga tugas-tugas perkuliahan menjadi terbengkelai.

Dijelaskannya, bahwa Sespimma menyelenggarakan pendidikan pengembangan yang bersifat vokasi atau ilmu terapan kepolisian yang membekali para serdik berbagai macam pengetahuan mengenai manajemen sebagai seorang staf yang baik yang mampu memberikan saran / pendapat yang konstruktif dan solutif.

“Serdik harus mampu menjadi seorang pemimpin pada tingkat pertama yang tegas, bijak dan humanis karena nantinya setelah lulus pendidikan mereka akan ditugaskan di daerah dan kebanyakan di Polres-Polres, sehingga mereka langsung bersentuhan dengan masyarakat oleh karena itu ilmu dan pengetahuan yang diberikan sudah langsung dapat diaplikasikan,” papar Irjen Pol Sunanto.

Selanjutnya, Kasespim mengingatkan bahwa, Tantangan tugas Polri ke depan semakin berat, ditambah lagi dituasi pandemi covid-19, memaksa Polri untuk merubah strategi pelayanan dan menjaga stabilitas kamtibmas, agar tetap terkendali terutama dukungan kepada pemerintah daerah khususnya dalam menanggulangi pandemi covid-19 secara paripurna, sehingga pertumbuhan ekonomi kerakyatan di daerah semakin pulih dan sehat.

Selain itu, agar serdik senantiasa menjaga kesehatan supaya bisa menyelesaikan pendidikan sampai lulus dan segera berkiprah di tengah masyarakat, karena negara sudah menanti karya saudara, ujar Kasespim pada akhir sambutannya. (Ridhwan)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Gubernur Anies Baswedan Lantik 12 Pejabat Baru di Pemprov DKI

Next Article

Pers Menghadapi Situasi Berat, PWI Jabar Gelar Webinar Strategi Bisnis Media

Related Posts