Wisanggeni Bisa Bantu Atasi Sampah

BANDUNG, BEDAnews.com – Pemerintah Kota Bandung mengapresiasi setiap inovasi masyarakat untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Bandung.

Salah satunya adalah Wisanggeni Waste Incinerator di TPS Regol, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, yang merupakan mesin pembakar sampah yang aman bagi lingkungan.

“Kita lihat tetap ada residu. Memang kita hanya ingin tahu soal metodenya dulu, cukup baik. Karena beragam jenis sampah bisa diproses, tinggal nanti penyempurnaan untuk loadingnya,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau langsung Wisanggeni Waste Incinerator, Sabtu, (6/3/2021).

Setelah melihat langsung proses pembakaran sampah alat tersebut, Yana pun menilai proses loading saat memasukkan sampah masih kurang efektif. Karena suhu pembakaran dalam alat tersebut harus stabil.

“Ini metodenya bakar sampah dengan sampah. Kalau kita telat masukan sampah itu suhunya turun lagi. Jadi sampahnya harus konsisten masuk,” ucapnya.

“Jadi memang ini harus ada metode apakah conveyor atau cerobong dengan gaya gravitasi. Itu bisa memudahkan orang yang meloading sampahnya. Tadi buka-tutup, karena udara cenderung dia balik lagi polutannya,” ungkapnya.

Yana pun mengapresiasi dengan metode tersebut, namun harus lebih disempurnakan.

Ia mengakui, incinerator merupakan metode yang cukup lama, tapi diinovasikan dengan efisiensi tempat dan tidak memerlukan ruang yang besar, tetapi dengan kapasitas yang cukup besar.

“Karena dulu untuk bisa memproses jumlah yang sama harus ruang yang besar karena alatnya, inovasinga terus dikembangkan. Sebetulnya ini jenis sampah yang masuk keliatannya bisa lebih banyak organik. Mungkin metode ini bisa ditaruh di pasar yang sifat karakternya lebih banyak sampah organik,” ucapnya. (Ricard)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Gubernur Anies Baswedan Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Kemendagri

Next Article

Dani Suryana: Wisanggeni, Alat Untuk Membakar Sampah

Related Posts