Plt. Wali Kota Cimahi Ajak Masyarakat Sukseskan Pendataan Keluarga

Plt. Wali Kota Cimahi – Ngatiyana

CIMAHI, BEDAnews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengajak masyarakat turut menyukseskan pendataan keluarga oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang berlangsung pada 1 April hingga 31 Mei 2021.

Menurutnya, data merupakan bagian terpenting dalam proses perencanaan pembangunan, termasuk data tentang keluarga. Atas dasar itulah, pihaknya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Cimahi untuk turut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kepada warga masyarakat, tolong agar nanti petugas-petugas yang kami sebarkan ke seluruh wilayah dapat diterima dengan baik karena pendataan ini adalah untuk kepentingan kita bersama,” ujarnya ketika ditemui usai mengikuti Kegiatan Pencanangan Pendataan Keluarga Jawa Barat tahun 2021 secara daring di kediamannya di Komplek Kota Mas, Padasuka, Kota Cimahi, Kamis (01/04/2021).

Seperti diketahui, pendataan keluarga merupakan kegiatan lima tahunan untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Pendataan keluarga diatur dalam Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah  nomor 87 tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga berencana serta sistem infomasi keluarga.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) telah mempersiapkan para petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) yang nantinya akan diterjunkan dalam proses pengambilan data keluarga di lapangan.

“Pembekalan-pembekalan kepada petugas [PPKBD] sudah diberikan, dalam hal ini oleh DinsosP2KBP3A, hingga hari ini mulai pelaksanaan turun ke bawah ke masyarakat secara bersama-sama sehingga proses pendataan ini bisa diperkirakan dua bulan sudah selesai,” tuturnya.

Ngatiyana menambahkan, data yang dihimpun oleh BKKBN ini nantinya juga akan menjadi basis data awal bagi Pemerintah Kota Cimahi untuk menyusun kebijakan-kebijakan strategis dalam menjalankan program-program pembangunan sesuai dengan visi Menuju Cimahi Baru yang Maju, Agamis dan Berbudaya.

“Untuk itu, dimohon kepada seluruh warga atapun masyarakat Kota Cimahi untuk memberikan data yang terbaik dan benar-benar bisa dipertanggung jawabkan, agar program lima tahunan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan diharapkan tahun ini Kota Cimahi mendapatkan data yang bener-bener akurat secara nyata dan real sehingga data ini bener-bener bisa dipertanggungjawabkan,” pungkas Ngatiyana.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Wali Kota Ngatiyana juga mengikuti proses pendataan keluarga secara simbolis oleh petugas PPKBD yang ditugaskan di wilayah sekitar kediamannya. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala DinsosP2KBP3A Guntur Priyambadha, Sekretaris DinsosP2KBP3A Fitriani Manan beserta jajaran terkaitnya dan petugas dari BKKBN perwakilan Jawa Barat. (Hendra)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

PWI Putuskan Porwanas Tahun 2021 Tetap Digelar

Next Article

Pemkot Bandung Siapkan Satlak Penanggulangan Bencana Tingkat Kelurahan

Related Posts