Disdik Jabar dan Shopee akan Rancang Kurikulum 4.0 untuk SMK

BANDUNG- Ekpos.Com >> Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Shopee Indonesia meluncurkan program “Shopee Center-UMKM Jabar Go Digital” di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (2/6/2021).

Nantinya Shopee Center (infrastruktur) pusat digital ini akan dibangun di 5.300 titik desa di Jabar, dan akan berfungsi sebagai pusat edukasi UMKM di Jabar. Selain itu, Pemprov Jabar dan Shopee akan merancang kurikulum 4.0 yang akan diterapkan di SMK-SMK di Jabar.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi pun mendukung penuh program tersebut. “Program ini bagian dari program SMK Membangun Desa dengan fokus kewirausahaan digital,” ujar Kadisdik.

Dengan kerja sama ini, Kadisdik meyakini hal tersebut mampu meningkatkan kualitas lulusan SMK, khususnya di bidang inovasi produk dan keterserapan tenaga kerja di bidang marketplace.  “Dalam waktu dekat akan kita segera realisasikan di SMK-SMK yang saat ini sedang mengikuti seleksi SMK pusat keunggulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, kerja sama ini merupakan transformasi digital terbesar di Indonesia karena melibatkan 5.300 desa. “Kerja sama ini akan memungkinkan produk-produk UMKM di Jabar bisa dipasarkan hingga internasional,” ujarnya.

Gubernur pun meyakini, kerja sama ini akan mengangkat ekonomi pasca-Covid-19. Ia pun mengapresiasi komitmen Shopee yang telah menutup barang impor di marketplace-nya. “Sehingga, tidak akan mengganggu pasar UMKM,” pungkasnya.***

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Dukung Pemeintah, bank bjb Fasilitasi Vaksin Bagi Lansia

Next Article

Kadisdik: Keberagamaan adalah Bukti Besarnya Negara Kita

Related Posts