Lulusan Taruna dan Taruni Akmil, Menjadi Kebanggaan Orang Tua dan Keluarga

Magelang – ekpos.com – Menjelang Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2021, sebanyak 227 (209 Taruna dan 18 Taruni) Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Militer (Akmil) mendapat pembekalan dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dan Kapolri, Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si secara Virtual Vicon (Video Telekonferensi), bertempat di Gedung Moch. Lilly Rohli Akmil, Rabu (07/07/2021).

Dalam pembekalannya, Panglima TNI menyampaikan Perwira adalah pemimpin, artinya kalian selalu dihadapkan pada situasi genting dan harus mampu mengambil keputusan yang terbaik, baik dalam kondisi apapun.

Oleh karena itu, kalian tidak boleh berhenti belajar dan berlatih. Pendidikan di Akademi hanyalah awal pengembangan karier di TNI dan Polri.

“Ingat, bahwa medan perang modern saat ini tidak hanya di gunung, tidak hanya di gurun, tidak hanya di lautan dan tidak hanya di angkasa, bahkan medan perang modern saat ini ada di genggaman kita semua, yaitu domain baru perang modern adalah cyber dan Internet optik,” lanjut Panglima TNI.

Sementara itu, Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di hadapan ratusan Capaja TNI dan Polri menguraikan, Indonesia terlahir berdasarkan semangat persatuan bangsa Indonesia di tengah kemajemukan yang kita miliki dalam melawan penjajah.

“Di era sekarang, sinergitas TNI dan Polri merupakan modal dasar dalam penugasan. Ada tiga modal dasar sebagai seorang Perwira, yaitu yang pertama harus bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri, institusi dan Tuhan Yang Maha Esa. Yang kedua selalu disiplin dan bekerja keras dan yang ketiga harus memiliki komitmen dan integritas,” lanjut Kapolri.

Pembekalan kepada Capaja TNI dan Polri oleh Panglima TNI dan Kapolri ditutup dengan pembekalan dari Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo melalui video telekonferensi.

Dalam kesempatan tersebut, presiden mengatakan, para Capaja TNI dan Polri yang menjadi kebanggaan orang tua dan keluarga, nantinya dilantik pada tanggal 13 Juli, merupakan awal dari medan pengabdian yang penuh dinamika dan sarat dengan tantangan yang semakin komplek.

“Saya ingatkan saudara adalah generasi muda terpilih calon pemimpin masa depan menghadapi persaingan dunia yang makin ketat, saya yakin saudara sangat siap menghadapi tantangan tersebut untuk menjadikan Indonesia maju,” pinta Presiden RI.

Turut hadir pada acara tersebut, Gubernur Akademi Militer, Mayjen TNI Candra Wijaya, Wakil Gubernur Akademi Militer, Brigjen TNI I Gde Agit Thomas dan para pejabat Distribusi Akademi Militer, para Pengasuh serta para Taruna dan Taruni Tingkat IV. (Red/Penhumas Akmil).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Fosil MA Dukung PPKM Darurat: Pemerintah Harus Kawal Penjualan Oksigen dan Obat

Next Article

Satelit Republik Indonesia (Satria) Lengkapi Konektivitas Digital Nasional

Related Posts