FST UIN Bandung Luncurkan Program Rumah Qur’an

BANDUNG, Ekpos.com

Ditengah merajalelanya wabah COVID 19.Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung meluncurkan Program Rumah Quran.Program ini sangat urgen,positif dan strategis untuk memberikan pemahaman dan pencerahan nilai-nilai Qur’an kepada mahasiswi dalam membentuk mental-spiritual dan akhlaq Qurani dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurut wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Fakultas Sains dan Teknologi, Dr.H.Aep Saepulloh, M.Ag. menjelaskan Alquran merupakan pedoman hidup  didalamnya terkandung nilai nilai dan sumber rujukan pendidikan. Dan,pendidikan Qur’an  merupakan bagian dari pendidikan Islam mempunyai nilai strategis.” Dalam Qur’an terkandung 750  ayat yang menjadi  sumber rujukan dan pondasi seluruh kurikulum dunia pendidikan Islam ” Ujarnya.kepada ekpos. com Senin, 26-07-2021, di Bandung.

Aep memastikan program Rumah Quran tidak mengganggu aktivitas kuliah.Karena pelaksanaannya disesuaikan atau dikondisikan dengan jadwal kuliah.” Proses belajar nanti secara tatap muka (offline) dan tinggal di asrama dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. begitu juga dengan hari libur tidak bentrok dengan libur kuliah, karena punya jadwal sendiri supaya bisa mencapai target” Tegas Aep.

Bukan hanya itu, tambah Aep program Rumah Quran sangat relevan dengan visi  UIN SGD Bandung ” Menjadi Universitas Islam Negeri yang Unggul dan Kompetitif, Berbasis Wahyu memandu ilmu, Dalam Bingkai Akhlaq Karimah di ASEAN tahun 2025.

Dituturkan Dia, tujuan program Rumah quran, untuk menanamkan kepada anak didik mencintai Alquran.

” Didalamnya anak Didik di asah kemampuan untuk membaca, menulis, menghapal, memahami dan menafsirkan serta mengamalkan Alquran” jelasnya.

Dengan begitu, Maka, terbentuk lah anak Didik yang mempunyai jiwa taqwa kepada Allah SWT.” Realisasi iman  adalah melahirkan pribadi-pribadi taqwa dan  akhlaq mulia yang memiliki kesalehan individu dan sosial” ujar Aep.

Lokasi Rumah Quran di Asrama Puri Cipadung,Jln.Terusan Permai 5 NO.32 Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, HP. 081218067093.

Dijelaskan, masa pendidikan program Rumah Quran selama 1 tahun dan bisa dilanjutkan bila hasil evaluasi merekomendasikannya. ” Peserta nya adalah mahasiswi semester 1-7. Dan, jenjang kelasnya di bagi 3 kelompok yakni Pemula, Tahsin dan Tahfidz, tiap kelas di isi 3 orang.” Tutur Aep.

Selanjutnya untuk kurikulum, peserta Didik di ajarkan Tahsin, Tahfidz, Tafsir, Akhlak, kajian Islam, Sains dan Teknologi. Mereka di bimbing para pengajar yang berpengaaman dan ahli di bidangnya. ” Para pengajar berasal dari ahli ulumul Qur’an, Tafsir,dan cendikiawan yang konsen terhadap kajian islam,sains dan teknologi.” Akunya.

Untuk pendaftaran mulai tanggal 28 Juli- 02 Agustus, interview online 04-06 Agustus, Pengumuman Kelulusan 08 Agustus dan Kedatangan peserta Didik 16 Agustus.” Mereka yang lolos harus harus membayar Rp.200.000 / bulan dan  tinggal di asrama dengan pasilitas lengkap.Dan mereka juga akan mendapatkan beasiswa untuk sewa rumah/ asrama dan peralatan belajar. Lebih  Tandasnya.***Harry

 

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

AKBP Darman: Bantuan Dari Kapolri Harus Langsung Diberikan

Next Article

Pengurus Senat Pasis Dikreg LXI Seskoad TA 2021 Resmi Dikukuhkan

Related Posts