Pengacara Pajak Dari APPADI, Siap Memberikan Advokasi ke Wajib Pajak

Jakarta – ekpos.com – Rapat pengurus Asosiasi Pengacara Pajak dan Auditor Indonesia atau APPADI Kembali digelar, pada Sabtu (7/8) di sekitar Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat.

Rapat koordinasi tersebut terkait laporan dan evaluasi masing-masing pengurus selama sepekan terakhir ini.

Rapat dipimpin oleh Ketua Umum APPADI St. Herbert Aritonang, S.H, S.Sos, serta dihadiri oleh seluruh pengurus antara lain wakil ketua umum Nandar Rusyandi, S.H, Sekretaris Jenderal, Sri Suparyati, S.H., LL.M dan Wakil Verania Anggraini, S.E, Bendahara Umum, Bonor PH. Manullang, S.E., BKP dan Direktur Komunikasi/Media, Harry Amaruddin.

Adapun agenda rapat tersebut didahului dengan mendengarkan pengarahan dari ketua umum bahwa, tujuan lahirnya APPADI adalah ikut andil membantu pemerintah dalam membangun kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang perpajakan, serta bisa saling sinergi antara APPADI dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak dan Kementerian Keuangan.

Pembahasan lainnya dalam rapat tersebut, seperti wacana program membentuk forum komunikasi antara APPADI dengan pihak Dirjen Pajak, Kementerian Keuangan dan kumpulan organisasi konsultan pajak.

Selain kegiatan forum, diwacanakan juga pertemuan rutin untuk saling koordinasi dan menyamakan persepsi dalam implementasi ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Menurut Herbert Aritonang, pengacara pajak memegang peran amat penting bagi pelaku usaha, baik perusahaan dan wajib pajak orang pribadi, apabila timbul sengketa atau pemeriksaan pajak, serta perlunya dilakukan advokasi terkait penerapan hukum terhadap suatu objek pajak antara pemeriksa pajak dengan wajib pajak. Hal tersebut dapat dikarenakan adanya perbedaan penafsiran undang-undang atau kurangnya pemahaman atas suatu transaksi yang disengketakan.

“Peran pengacara pajak sangat membantu dari segi pendampingan di tingkat pemeriksaan dan dalam perkara tindak pidana demi menjaga dan melindungi hak-hak wajib pajak perusahaan maupun orang pribadi, termasuk bagi pihak yang berstatus tersangka maupun terdakwa,” kata Herbert.

APPADI adalah wadah bagi pengacara pajak dan auditor yang memiliki tujuan melakukan advokasi, konsultasi, edukasi, sekaligus berupaya menegakkan hukum dan perpajakan berkeadilan, yang bisa memberikan manfaat besar bagi perusahaan dan orang pribadi, imbuhnya. (Harry A).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Tinjau Vaksinasi Massal, Kapolres Tuban: Tetap Patuhi Protkes

Next Article

Pemerintah Harus Mendengar Masukan Atasi Covid-19

Related Posts