[26-Sep-2021 10:12:09 Asia/Jakarta] PHP Fatal error: Uncaught Error: Class 'Powerkit_Module' not found in /home/ekposco1/public_html/wp-content/plugins/powerkit/modules/class-powerkit-custom-fonts.php:12 Stack trace: #0 {main} thrown in /home/ekposco1/public_html/wp-content/plugins/powerkit/modules/class-powerkit-custom-fonts.php on line 12 Kejar Target Kota Bandung Terbebas ODF, Unisba Bantu 2 Bio Tank – Ekpos.com

Kejar Target Kota Bandung Terbebas ODF, Unisba Bantu 2 Bio Tank

BANDUNG – Ekpos.Com >> Untuk mencapai target 100 persen 100 persen Open Defecation Free (ODF), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memerlukan sokongan dari para donatur.

Bagaimana tidak, Pemkot Bandung Harus menyediakan ratusan hingga ribuan bio tank. Jika hanya mengandalkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) saja bukan tidak mungkin target itu dapat tercapai di akhir tahun 2021. Hingga saat ini, peningkatan ODF telah mencapai 61 persen.

“ODF di Kota Bandung mencapai 61 persen, dari 93 kelurahan,tinggal 58 kelurahan lagi. Kita gaspol untuk mengejar 100 persen,” tutur WaliKota Bandung, Oded M. Danial saat menerima bantuan Bio Tank di RW 05 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, untuk mempercepat ODF 100 persen, perlunya lingkungan yang bersih dengan menyediakan pembuangan yang khusus, tidak langsung ke sungai. Untuk membantu pencapaian ODF, Pemkot Bandung membutuhkan dukungan dari para donatur.

Hal ini pula yang mendorong Universitas Islam Bandung (Unisba), PT. Mitratel dan PT. Finindo Foods di wilayah Tamansari. Unisba, PT. Mitratel dan PT. Finindo Foods untuk memberikan bantuan 2 bio tank.

“Terima kasih kepada para donatur yang tengah membantu wilayah di Kota Bandung untuk ODF ini,” tutur Oded.

“Di Bawet (Bandung Wetan) saja totalnya baru 5 bio tank, diperlukan 25 bio tank. Kita kolabirasi, bantu Kota Bandung 10 bio tank lagi,” imbuh Oded.

Camat Bandung Wetan, Sony Bakhtyar mengatakan, bantuan di Kelurahan Tamansari ini berupa 2 bio tank dengan volume 5 kubik mampu dimanfaatkan 25-30 Kepala Keluarga.

“Kecamatan Bandung Wetan ada 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Citarum, Cihapit, dan Tamansari. Di wilayah Tamansari baru 11,8 persen, dengan adanya sumbangan ini kita bisa manfaatkan untuk 25-30 KK tiap tank-nya,” jelas Sony.

Ia mengungkapkan, jika terdapat 25 bio tank mampu dimanfaatkan oleh 500 jiwa atau mampu menambah ODF sampai 5 persen.

“Mudah-mudahan di Bawet ini mampu meningkatkan ODF di Kota Bandung dengan target yang sesuai,” akunya.

Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung, Siti Muntamah berterima kasih atas bantuan tersebut. Ini merupakan sebuah kolaborasi untuk mencapai ODF 100 persen di Kota Bandung yang ditargetkan 2021.

“Terima kasih. Setiap wilayah punya inovasi untuk menghadirkan solusi ODF. Koordinasi penaheliks ini membanggakan. Ini sebagai perjuang dalam rangka menjadikan kota nyaman aman berlingkungan bersih dan sehat,” tuturnya.

Di kesempatan itu, Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim berharap ODF di Kota Bandung mencapai 100 persen.

“Harapannya ada itikad baik untuk menciptakan ODF 100 pesen. Ke depan penanganan lebih masif, berkiprah semaksimal mungkin,” tuturnya.

Kepala Kantor PT. Mitratel Adi Seno berharap bantuan itu mampu dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya dalam penaganan lingkungan.

“Mudah-mudahan target untuk ODF tercapai, sehingga sungai yang melintas di Kota Bandung ini bersih,” jelasnya.**

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Oded Ucapkan Rasa Syukur, Kota Bandung Kembali Ukir Prestasi

Next Article

PPKM DIperpanjang, Meski Kota Bandung Sudah Turun ke Level 3

Related Posts