Mau Tahu Cara Menentukan Cincin Titanium Asli? Inilah Caranya

MESKI bukan termasuk logam mulia, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat pasar terhadap perhiasaan yang terbuat dari logam titanium. Salah satu alasan orang membeli cincin titanium adalah karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan perak atau logam lain.

Dari sisi ketahanan, cincin titanium juga memiliki kualitas yang sangat bagus bahkan bisa disejajarkan dengan baja. Namun jika dibandingkan dengan baja, titanium tentunya jauh lebih baik jika dijadikan bahan pembuatan perhiasaan, sebab logam ini memiliki berat yang lebih ringan. Untuk ukuran yang sama, titanium memiliki berat yang jauh lebih ringan 60% dari tembaga.

Selain itu, logam titanium juga memiliki daya tahan yang sangat baik jika berurusan dengan suhu udara tinggi, bahkan beberapa informasi lain mengklaim bahwa logam titanium mampu bertahan baik dalam ruangan bersuhu 150 derajat celcius. Logam titanium memiliki ketahanan yang sangat baik jika berurusan dengan klorin, air laut, regia, aqua, dan zat – zat lain. Logam ini juga memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan alumunium untuk ketahanan terhadap korosi.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang gemar melakukan heat tritment pada batu akik untuk memaksimalkan pengkristalan, maka logam titanium merupakan pilihan terbaik bagi kamu. wNah, kamu tentunya sudah tidak ragu lagi kan untuk tidak menggunakan cincin titanium ini dalam setiap kegiatan hanya karena takut warna cincin mengusam atau bentuknya tidak sempurna lagi? Namun kamu harus tahu bahwa untuk membedakan cincin titanium asli dan palsu itu tidaklah mudah, karena ada banyak sekali logam lainnya yang memiliki warna dan berat yang hampir sama.

Karena itu, sebaiknya kamu mencari tahu cara ampuh untuk bisa membedakan perhiasan titanium asli dan palsu. Berikut dibawah ini cara ampuh membedakan cincin titanium asli dan palsu, diantaranya yaitu:

Dengan Menggunakan Magnet

Salah satu cara paling ampuh untuk memastikan keaslian dari cincin titanium yang dibeli adalah dengan menggunakan magnet. Jika cincin yang kamu beli benar – benar merupakan perhiasaan titanium asli, maka cincin tersebut tidak akan melekat jika didekatkan dengan magnet.

Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada perhiasaan dengan kadar titanium tinggi. Jika perhiasaan tersebut melekat saat didekatkan dengan magnet, maka ada kemungkinkan cincin menggunakan campuran logam lain dalam jumlah yang besar.

Dengan Memperhatikan Warnanya

Sementara cara yang kedua adalah dengan memperhatikan warna yang ada pada cincin tersebut. Cincin yang terbuat dari titanium asli akan memiliki warna perak metalik gelap, bukan kuning atau gelap seperti yang banyak ditemukan di toko – toko perhiasaan saat ini. Jika terlihat warna yang lebih cerah pada cincin tersebut, maka kemungkinannya cincin tersebut terbuat dari titanium yang dicampur dengan logam lain.

Dari Beratnya

Keaslian cincin titanium yang dibeli juga bisa diketahui dengan cara membandingkan beratnya dengan perhiasaan cincin berbahan perak. Jika cincin yang dibeli memang benar – benar terbuat dari logam titanium asli, maka berat cincin perak akan kalah, dengan catatan memiliki ukuran sama.

Setelah mengetahui cara ampuh membedakan perhiasaan cincin titanium asli dan palsu. Kini, saatnya kamu untuk mengetahui cara merawat perhiasaan titanium asli yang tepat. Tidak seperti perhiasaan lain yang perlu mendapatkan perawatan dengan hati – hati, perhiasaan yang terbuat dari titanium jauh lebih mudah dalam penggunaannya karena logam ini memang memiliki daya tahan yang sangat baik. Perawatan yang bisa kamu lakukan mungkin hanya sebatas mencucinya dengan menggunakan cairan sabun ketika ada noda atau mulai terlihat kotor.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Inilah Dompet yang Bisa Mendukung Penampilan Kaum Hawa

Next Article

Tren Covid-19 Menurun, Edukasi Penegakan Hukum dan Penerapan Prokes Tetap Penting

Related Posts