Lepas Sambut Kadispsiad dari Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., Psikolog kepada Kolonel Inf I Made Riawan, S.Psi

Bandung – ekpos.com – Acara sertijab Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Kadispsiad) yang dipimpin oleh Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa telah dilaksanakan secara tertib dan aman di Lantai Dasar Gedung “E” Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Rabu (29/9).

Hal tersebut tertuang dalam dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, tertanggal 13 September 2021. Secara resmi Sekretaris Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad), Kolonel Inf I Made Riawan, S.Psi diangkat sebagai Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) menggantikan Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., Psikolog.

Dalam rangka menindaklanjuti Acara Sertijab tersebut, pada Kamis (30 September 2021) dilaksanakan acara tradisi pisah sambut di Madispsiad.

Acara diawali dengan penyambutan secara tradisi Jawa Barat terhadap Kadispsiad yang baru Kolonel Inf I Made Riawan, S.Psi beserta Ibu Fitri Made Riawan disambut di Gerbang Madispsiad dengan Tarian Ki Lengser untuk selanjutnya diantar ke Gedung Utama (Soemantri) Dispsiad.

Setiba di Gedung Utama, Kadispsiad Baru beserta Ibu disambut oleh Mantan Kadispsiad, Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., Psikolog beserta Ibu Nina Bambang Sutisna, para sesepuh Dispsiad, pejabat Distribusi Dispsiad dan anggota Militer serta PNS Dispsiad.

Acara dilanjutkan di The Terrace Heritage Dispsiad untuk perkenalan Kadispsiad yang baru beserta ibu, pesan-kesan pejabat lama yang dilanjutkan dengan ramah tamah.

Pada acara yang sederhana namun penuh kekeluargaan tersebut, Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., Psikolog dalam pemberian pesan-kesan menyampaikan terima kasih kepada seluruh Anggota Dispsiad yang selama ini telah bekerja sama menjalankan tugasnya secara profesional dan penuh tanggung jawab.

Brigjen TNI Bambang menyampaikan, dengan hati yang tulus dan Ikhlas saya sekeluarga mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilafan baik dalam hubungan kedinasan maupun dalam pergaulan sehari-hari, serta mohon do’a restu dalam menjalani masa pensiun sebagai Prajurit TNI AD.

Menurutnya, dengan pergantian Kadispsiad yang baru, diharapkan kinerja anggota yang sudah baik dipertahankan dan ditingkatkan.

Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., Psikolog mengaku memiliki banyak kenangan selama menjabat sebagai Kadispsiad.

Sementara Kadispsiad baru, Kolonel Inf I Made Riawan, S.Psi, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., Psikolog yang telah memberikan sumbangsih, dedikasi dan pengabdian terbaiknya bagi kemajuan Dispsiad, terutama dalam aspek pemeliharaan baik Personel dan Dinas yang senantiasa kondusif sampai dengan akhir masa dinasnya.

Sebagai pejabat yang baru, Kolonel Inf I Made Riawan, S.Psi menegaskan, akan melanjutkan program kerja yang masih ada pada tahun Anggaran 2021 dan akan senantiasa menjaga silahturahmi dengan sesepuh dan keluarga besar Dinas psikologi TNI Angkatan Darat.

Kesan dan pesan juga disampaikan oleh Mantan Kadipsiad, Brigjen TNI (Purn) Drs. Edi Kustiwa, MDA. “Kepada Kadis Baru untuk mampu melanjutkan pembangunan Dispsiad baik secara fisik dan sumber daya manusianya. Serta senantiasa menjaga nama baik dan profesi psikologi, karena profesi psikologi adalah salah satu profesi yang disumpah dengan menggunakan kitab suci agama masing-masing. Konsekuensinya adalah hasil pekerjaan yang dilakukan tidak hanya diminta pertanggung jawaban di dunia namun juga di akhirat kelak. Kepada seluruh anggota Dispsiad untuk senantiasa mampu bekerja secara profesional dan sesuai kode etik psikologi,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan tradisi pengantaran pejabat Kadispsiad yang lama diawali dengan penciuman Pusara Dispsiad “Upakriya Labdha Prayojana Ballotama” yang diiringi pembacaan puisi untuk pelepasan dengan diiringi instrumen lagu syukur. Kemudian dilanjutkan berjalan menuju rumah jaga melewati personel Dispsiad dengan diiringi lagu “Sepanjang Jalan Kenangan” dari Canka Panorama.

Selanjutnya, Pejabat lama menerima laporan Komandan pedang payung pora, setelah itu beliau beserta Ibu dan ketiga putrinya melewati barisan kelompok pedang payung pora. Setelah menerima laporan dari Komandan pedang payung pora, Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna, M.Psi., Psikolog melaksanakan penghormatan terakhir ke Madispsiad.

Kemudian bersama Ibu Nina Bambang Sutisna dan ketiga putrinya berjalan menuju kendaraan di depan gerbang untuk selanjutnya meninggalkan Madispsiad.

Setelah acara pelepasan selesai, rangkaian acara dilanjutkan dengan penyambutan Kadispsiad baru secara tradisi Dispsiad.

Kolonel Inf I Made Riawan, S.Psi menerima pengalungan bunga dari Kasubdisbinmatpsi dan Ibu Fitri Made Riawan menerima bucket bunga dari Kasubdisbinfungpsi. Setelah itu, Kadispsiad baru menerima laporan dari anggota regu jaga dan menerima penghormatan berjajar. Setelah itu, para anggota mengangkat dan menggendong Kadispsiad baru menuju Gedung Utama Dispsiad melewati pasukan tirai dari seluruh anggota jajaran Dispsiad diiringi lagu dan nyanyian “Selamat Datang Pahlawan Muda”.

Sebelum memasuki Gedung Utama menerima laporan situasi dari Perwira Piket untuk selanjutnya disambut oleh seluruh pejabat Dispsiad.

Seluruh rangkaian acara pisah-sambut diakhiri secara haru dan khidmat pada saat pengukuhan Kadispsiad dengan penciuman Pusara Dispsiad “Upakriya Labdha Prayojana Ballo tama” dengan diiringi puisi dan instrumen lagu “Syukur”. (Red)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Ketua DPD KAI Jabar, Bentuk DPC Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Bogor Raya

Next Article

Ketua DPD RI Berharap, Lahir Bibit Atlit Andalan Tingkat Dunia dari PON Papua

Related Posts