Peduli Perawat, Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI) di Deklarasikan

Jakarta – ekpos.com Presidium Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI) menyampaikan Deklarasi di Jakarta pada hari Selasa (05/10/2021) pukul 10.00 wib, bertempat di Gedung Joeang Jakarta.

Adapun susunan kepengurusan dari FPPKNI antara lain Ketua FPPKNI, Prof. Dra. Elly Nurrachmah, skp, M.App.Sc, DNSC bersama Sekretaris Dr. Rita Sekarsari, S.Kp, MHSM., FISQua membacakan Deklarasi tersebut, didampingi Pengurus FPPKNI lain yakni: Prof. Achir Yani S. Hamid, MN, DNSC; Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc; Prof. Yeni Rustina, S.Kp., M.App.Sc, PhD; Johanna R. Hendriks, BSc., Dpl Nursing Admin., CVRN; Maria Indrijani Widjaja, SKM dan Dr. Ibrahim, S.Kp., SPd., M.Kes.

Deklarasi ini juga diikuti secara daring oleh: Guru Besar dan Senior Nursing Group; sejawat Komunitas Keperawatan Indonesia, dan Insan Pers (TVRI, media online).

Seiring kemajuan dan perkembangan Profesi Keperawatan, sejak berdirinya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 17 Maret 1974 di Bandung, dilaksanakan Lokakarya Nasional Keperawatan 1983 di Jakarta, diterimanya PPNI menjadi anggota International Council of Nursing (ICN) pada tahun 2003, dan lahirnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan.

Hal ini membuktikan bahwa Profesi Keperawatan telah berupaya untuk mewujudkan keperawatan sebagai profesi. Untuk menuju
kepada kondisi seperti saat ini, profesi keperawatan sudah menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Upaya dan capaian yang diraih Organisasi Profesi sudah banyak dilakukan oleh masing-masing pimpinan PPNI sesuai periodenya, mulai dari pengembangan profesi keperawatan, penataan sistem pendidikan keperawatan, dan sistem pelayanan keperawatan
professional.

Melihat perkembangan Organisasi Profesi keperawatan saat ini dan dinamika yang terjadi di tubuh PPNI, para profesional keperawatan yang tergabung dalam Guru Besar (GB) dan Senior Nursing Group (SNG) merasa terpanggil untuk ikut mengawal dan memberi masukan untuk pengembangan keperawatan di Indonesia, yang diawali dengan membentuk suatu forum/presidium yaitu Presidium Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI).

FPPKNI ini merupakan forum keperawatan profesional yang bersifat independen yang peduli terhadap profesi keperawatan di Indonesia, sehingga diharapkan dapat
memberikan berbagai masukan untuk kepentingan profesi keperawatan.

Pembentukan forum ini merupakan bukti nyata kepedulian para guru besar dan para senior/pakar
keperawatan (SNG) terhadap profesi keperawatan di Indonesia.

Sebagai forum resmi nasional yang bersifat independen diharapkan mampu mengkawal kehidupan dan perkembangan profesi dengan baik, benar dan bermartabat sehingga menjadi profesi yang diakui dan dihargai karena kemanfaatannya bagi masyarakat secara nasional dan global.

Adapun isi deklarasi yang disampaikan meliputi:

1. Profesi Keperawatan mempunyai peran penting dalam melindungi Hak Azasi Manusia akan Kesehatan yang berkeadilan, bermartabat, dan sederajat di tingkat nasional
maupun internasional;

2. Keperawatan professional di Indonesia harus dikembangkan dan dijaga sesuai hakikat
dan tujuan awal Kesepakatan Nasional 1983 yaitu keperawatan sebagai profesi;

3. Untuk itu, diperlukan pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang melayani (servant leadership) dan collective collegial, sebagai role model, berintegritas, akuntabel, dan amanah;

4. Pengembangan kepemimpinan profesi keperawatan harus dilakukan melalui proses pematangan pola pikir, keterampilan kepemimpinan dan pembentukan karakter.

Melalui deklarasi ini, diharapkan dapat mendorong perkembangan profesi keperawatan secara berkesinambungan, terarah, mengacu pada sejarah dan berorientasi ke masa depan.

Acara diadakan dengan onsite dan juga online melalui zoom. Setelah acara deklarasi, diadakan konferensi Pers kepada media. (Harry).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Dandim 0811/Tuban Terharu dan Kaget, Diberi Kejutan Kapolres Tuban di HUT Ke-76 TNI

Next Article

Sebelum Berangkat ke PON XX Merauke, Tim Gulat DKI Minta Dukung dan Do'a

Related Posts