FK-KIM Harus Mampu Mengelola dan Mengatasi Kesenjangan Informasi

BANDUNG, Ekpos.Com >> Guna memberdayakan masyarakat perpartisipasi membantu penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melantik kepengurusan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) periode Tahun 2021-2024.

Pada acara tersebut dilantik Ketua FK–KIM periode 2021-2024, Meidi Mochammad Sidik dan Wakil Ketua, Yetty Katmawati. Para pengurus dilantik oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brillyana di Pendopo, Jalan Dalemkaum, Kamis (7/10/2021) dan disakdikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Tugasnya FK-KIM, selain berkonsultasi dan berkordinasi dengan Organsasi Perangkat Daerah (OPD), FK-KIM diharapkan mampu meningkatkan peranan arus informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan kelompok masyarakat sebagai mitra kerja.

FK-KIM didorong untuk mampu mengakses dan mengelola informasi  dalam rangka meningkatkan literasi untuk mengatasi kesenjangan informasi.

“Mang Oded mendukung adanya Kelompok Informasi Masyarakat ini. Karena banyak hal, pertama dengan adanya teknologi informasi yang cepat berkembang maka sesungguhnya dibutuhkan SDM yang siap untuk menggunakan teknologi itu dengan penuh tanggungjawab,” tutur Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Ia berharap, FK-KIM mampu menyampaikan informasi dengan baik dan benar, sehingga masyarakat mengetahui berbagai infromasi di Kota Bandung.

“Harus menyampaikan informasi dengan baik dan benar. Namanya teknologi ini, menggambarkan seperti pisau yang tajam. Maka gunakanlah dengan baik untuk dimanfatkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brillyana juga berharap, FK-KIM mampu mengembangkan aktivitas dalam mendayagunakan informasi dan komunikasi.

Hal ini guna meningkatkan potensi ekonomi, sosial, budaya dan nilai tambah yaitu upaya menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Kita juga wajib menyampaikan informasi dan menerima informasi, disampaikan kepada warga. Salah satu contoh menangkal beritoa hoaks,” jelasnya.

Hadirnya FK-KIM juga, kata Yayan sebagai garda terdepan di wilayah dalam menyampaikan informasi. Hal ini sebagai peran peningkatan dalam fungsi forum tersebut.

“Garda terdepan kelurahan untuk menyampaikan informasi.  Karena Kota Bandung sebagai kota jasa memerlukan sosialiasasi dan branding yang kuat. Memang perlu strategi khusus,” tegasnya. **

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Petugas Lapangan Dapat Bantuan Multifitamin dan Peralatan Prokes

Next Article

Wujudkan Bandung Agamis, Pemkot Bina 100 Guru Agama

Related Posts