Ipindo Siap Kawal Pembangunan Sumber Daya Iptek Hingga ke Desa – desa

Teks foto: Penyerahan Pataka dari Ketua Umum DPP Ipindo, Dr. Hadi Supratikta MM (kanan) kepada Dirut Ipindo Training Center (ITC) Drs. Sudiono MM (kiri), disaksikan Sekretaris ITC, Dr. Sugiyanto, SE, MM, CMA, CFRM (tengah) pada pelantikan Pengurus ITC di Jakarta, 13 Oktober 2021 (Foto: Istimewa).

Jakarta – ekpos.com – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Peneliti dan Inovator Pemerintahan Indonesia (DPP Ipindo), Dr. Hadi Supratikta MM menyatakan, organisasi profesi yang dipimpinnya berkomitmen turut mengawal pembangunan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan inovasi hingga ke desa-desa.

“Komitmen ikut serta mengawal pembangunan sumber daya Iptek dan inovasi hingga ke desa-desa itu adalah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah,” katanya kepada pers di Jakarta, Jum’at (15/10/2021).

Dalam kaitan itu, menurut Hadi Supratikta, Ipindo baru-baru ini menyelenggarakan Webinar Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan dengan tema “Biovillage dan Bioekonomi sebagai bagian dari inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Ia menambahkan, Ipindo direncanakan membuat pilot project biovillage di beberapa kabupaten dengan tingkat kemiskinan ekstrem yang saat ini menjadi fokus Pemerintah Pusat.

Dalam hubungan itu pula, menurut dia, DPP Ipindo pada 13 Oktober 2021 menggelar Pelantikan Pengurus Ipindo Training Center (ITC) secara luring dan daring yang dihadiri Ketua Dewan Penasihat, Dr. Muhammad AS Hikam MA, APU (Menteri Riset dan Teknologi 1999-2001).

Acara itu juga dihadiri oleh Dr. Suprapedi, M.Eng.Sc. (Anggota Dewan Penasihat), Yudi Sungkono, SE, MH (Ketua Dewan Pengawas), Dr Nasruddin Joko Surjono SIP, ST, MSE, MBA (Anggota Dewan Pengawas), Dr. Winantuningtyastiti Swasanani, M.Si (Anggota Dewan Pakar), dan pengurus teras DPP Ipindo.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Sekretaris Jenderal DPP Ipindo, Dr. Wawan Munawar Kholid M.Si, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan janji yang dipandu oleh Ketua Umum, Dr. Hadi Supratikta, MM serta penyerahan pataka kepada pengurus yang dilantik.

Adapun pengurus ITC yang dilantik yaitu Drs. Sudiono MM (Direktur Utama), Udi Yuswanto SE (Direktur), Dudi Herianto (Direktur), Sri Rahmi Mardan (Direktur), Dr. Sugiyanto SE, MM, CMA, CFRM (Sekretaris), Marisa Limun SS (Wakil Sekretaris), dan Dr. Joko Supono ST, MT, IPM (Bendahara).

Ketua Umum DPP Ipindo menyampaikan harapan, agar Pengurus ITC yang baru dilantik dapat segera bekerja untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan sesuai tugas pokok dan fungsi yang telah diamanatkan.

Ipindo yang awal mulanya bernama IPPI (Ikatan Peneliti Pemerintahan Indonesia) didirikan oleh para Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia,

Pada Musyawarah Nasional II Tahun 2020 Ipindo memilih menjadi organisasi yang bersifat independen dan melebarkan sayap dengan mewadahi para inovator pemerintahan. Ipindo sebagai organisasi profesi peneliti dan inovator pemerintahan juga direncanakan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). (Red).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Imigrasi: Pekerja Orang Asing Harus Memiliki Dokumen Lengkap

Next Article

Kominfo dan MUI Ajak Masyarakat Papua Bangkit dari Pandemi

Related Posts