Komit Memajukan Ekonomi Desa, bank bjb Jalin Kerja Sama dengan APDESI Jabar

BANDUNG, Ekpos.Com >> Sebagai bentuk komitmen tingkatkan laju perekonomian masyarakat desa , bank bjb kerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jawa Barat.

Mengusung tema “Kolaborasi bank bjb dan APDESI dalam Memajukan Perekonomian Desa melalui Inklusi Keuangan” bank bjb melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan APDESI di 19 kabupaten/kota di Jawa Barat, di Hotel GH Universal Bandung, Senin (8/10/2021).

Adapun ruang lingkup dari kerja sama yang dijalin di antaranya meliputi pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan untuk pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik melalui pelatihan pengelolaan bisnis, hingga implementasi layanan keagenan bank yang meliputi layanan funding, PPOB, keagenan bjb LakuPandai, dan atau layanan keuangan lainnya.

“bank bjb dan APDESI juga menyepakati kerja sama terkait pemanfaatan fasilitas Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) pemerintah desa, pemberian fasilitas pinjaman atau lending kepada pemerintah desa, dan melakukan kolaborasi ATM co-branding dengan APDESI Jawa Barat untuk seluruh kepala desa,” ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Kartu ATM co-branding tersebut dapat memberikan layanan prioritas untuk kepala desa pada saat akan melakukan transaksi Dana Desa di jaringan kantor bank bjb. Nantinya, para kepala desa dapat mengajukan permohonan kartu ATM Co-Branding tersebut di jaringan Kantor Cabang bank bjb terdekat.

Acara penandatanganan PKS dihadiri oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Hubungan Kelembangaan bank bjb Isa Anwari, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala DPMD Jawa Barat Dicky Saromi, Ketua Komisi 1 DPRD Jawa Barat Bedi Budiman, Sekjen APDESI Jawa Barat Asep Anwar Sadat, dan para perwakilan APDESI.

Penandatangan PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Nota Kesepahaman antara bank bjb denga APDESI pada 15 September 2021. Prioritas kerjasama yang dijalin adalah terkait pemanfaatan produk dan program yang khusus dibuat oleh bank bjb dalam rangka peningkatan inovasi layanan desa dan Bumdes.

“Diharapkan jalinan kerja sama antara kedua belah pihak dapat membantu masyarakat dan pemerintah desa setempat mengakses berbagai layanan keuangan. Sekaligus juga memudahkan pemerintah desa memberi pengelolaan layanan publik kepada masyarakatnya. Sehingga, geliat kemandirian ekonomi desa dapat terakselerasi,” ungkap Widi. *

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Dewan Cimahi, Minta Pemkot Bina dan Tindak Bawahannya

Next Article

Skema Kemitraan bank bjb, Berhasil Dibuktikan dengan Panen Raya Petani Milenial

Related Posts