Menag Yaqut : ASN Harus Jadi Pelopor Moderasi Beragama

Jakarta- Ekpos.com

ASN,  di lingkungan Kemenag, bisa menjadi pelopor dalam penguatan moderasi beragama. Yaqut juga mengajak para tokoh agama, akademisi, tokoh pemuda, dosen, guru, dan penyuluh agama, serta kalangan milenial untuk bersinergi meningkatkan toleransi antarumat melalui semua saluran.

Hal itu ditegaskan Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas saat memperingati Hari Toleransi Internasional atau International Day of Tolerance.Selasa,(16/11/2021). Menurut Yaqut  Peringatan Hari Toleransi Internasional  sebagai wujud nyata keberagaman dan toleransi umat manusia.
“Setiap kita perlu terus menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman agama, bahasa, budaya, dan etnis bukanlah dalih untuk konflik, tetapi kekayaan umat manusia. Keragaman adalah kekayaan,” ujar Yaqut melalui keterangan pers.

Yaqut menegaskan  pentingnya saling toleransi sesama umat manusia. Dia juga mengatakan, meski setiap orang memiliki keyakinan berbeda, di mata kemanusiaan semua manusia itu dipandang sama.

Keragaman adalah potensi bagi kita untuk saling mengenal dan berkolaborasi dalam kebaikan dan mewujudkan kemaslahatan bersama. Sebab, mereka yang bukan seiman adalah saudara dalam kemanusiaan..

Dijelaskan Menag, Kemenag saat ini sedang berupaya melakukan penguatan moderasi beragama. Ada empat indikator dalam penguatan moderasi beragama, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan, dan ramah terhadap tradisi.

“Moderasi beragama bukanlah upaya memoderasikan agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan kita dalam beragama,” ujar Yaqut*** MAN

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Komisaris Pelindo Jasa Maritim, Sukriansyah S. Latief Kunker ke Pelabuhan Belawan Sumut

Next Article

Babinsa Serda Tulus: Vaksinasi Door To Door, Agar Target Tercapai

Related Posts