Guru Besar UIN Bandung, Prof.Rusdiana : Hormati Guru, Kunci Keberkahan Ilmu

Bandung-Ekpos.com

Pendidikan merupakan hal sangat penting dalam membangun peradaban yang tinggi. Dengan adanya pendidikan, ilmu-ilmu yang sudah terdahulu disampaikan bisa disalurkan bahkan dikembangkan. Pendidikan yang berhasil akan melahirkan generasi-generasi yang berpengetahuan luas dan bertaqwa.

Demikian dikatakan Guru Besar UIN SGD Bandung, Prof.Dr.Rusdiana, MM, Saat memberikan khutbah jumat, bertepatan dengan momen  memperingati Hari Guru Nasional, 25/11/2021.

Sembari mengutip Hadist Nabi,“Jika suatu hari mendatangiku sedangkan di hari itu ilmuku tidak membuatku dekat kepada Allah, maka aku tidak diberkahi sepanjang hari itu.”

Prof. Rusdiana mengungkapkan,bahwa nabi mengisyaratkan kepada kita bahwa tujuan akhir dari proses pendidikan adalah untuk mencapai derajat ketaqwaan.  Salah satu hal yang menjadi faktor keberhasilan pendidikan adalah menghormatinya murid kepada sang Guru.

“…Ketahuilah bahwasannya seorang pencari ilmu tidak akan bisa memperoleh ilmu dan tidak akan mendapatkan manfaatnya kecuali dengan menghormati ilmu, ahli ilmu/ulama, maupun guru”. Ujar Prof.Rusdiana mengutip Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab ta’limal muta’allim

Ditegaskan,guru mengajar manusia untuk beriman, bertakwa, memahami baik dan buruk serta bertanggung jawab di samping mengajarkan ilmu pengetahuan. Guru adalah orang yang mengetahui ilmu (alim/ulama), dialah orang yang takut kepada Allah SWT

“Guru adalah pewaris nabi, karena lewat jasa guru, wahyu dan ilmu dari nabi diteruskan kepada manusia.” terangnya.

Lebih jauh Ia menjelaskan, bahwa Imam Al-Ghazali mengistimewakan guru dengan sifat kesucian, kehormatan, dan kedudukan guru setelah para nabi. Beliau juga menegaskan bahwa seorang yang berilmu dan kemudian bekerja dengan ilmunya itu, maka dialah yang dinamakan besar di bawah kolong langit ini. Ia adalah ibarat matahari yang menyinari orang lain dan mencahayai dirinya sendiri, ibarat minyak kesturi yang baunya dinikmati orang lain dan ia sendiri pun harum. Siapa yang berkerja di bidang pendidikan, maka sesungguhnya ia telah memilih pekerjaan yang terhormat dan yang sangat penting, maka hendaknya ia memelihara adab dan sopan satun dalam tugasnya ini.

“ Di dalam Islam, hormat dan patuh kepada guru sangat ditekankan. Dikarenakan, guru termasuk orang yang mengenalkan kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul-Nya.” paparnya.

Dijelaskan lagi,dengan mempunyai ilmu, maka kehidupan kita menjadi semakin terasa hidup. Karena ada pepatah mengatakan: “Orang-orang berilmu akan tetap hidup dan abadi setelah wafatnya, meski tubuhnya telah berkalang debu menjadi serpihan tak berarti. Sementara orang yang tak berilmu tak ubahnya bangkai yang berjalan di atas tanah, ia dianggap hidup padahal ia telah mati”.pungkas Prof.Rus.

Sebab itu, begitu berharganya ilmu, maka sudah selayaknya menghormati guru-guru.” Semoga dengan begitu kita bisa mendapatkan ilmu yang berkah bagi diri dan bermanfaat bagi orang lain” harapnya.*** rie

Total
0
Shares
Previous Article

Cegah Kejahatan Siber, Kakanwil Kumham DKI Jakarta: Tim PORA Jakut Kita Apresiasi

Next Article

Kemenag Samakan Persepsi Penilai PAK Lektor Kepala dan Guru Besar

Related Posts