Kolaborasi Ilmu Hadis UIN SGD – MA Muhammadiyah Plus,  Gelar Seminar : Membumikan Hadis, Membangun Peradaban

Garut- Ekpos.com

Program studi (prodi) Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin, UIN SGD Bandung menggelar seminar Ilmu Hadis dan Bedah Buku Sabda Cinta Filantropi Hadis, bertempat di  Aula Madrasah Aliyah (MA)  Muhammadiyah Plus,Kadungora,Kabupaten Garut, Rabu, (8/12/2021).

Seminar dengan Tema “ Membumikan Hadis, Membangun Peradaban ini, dibuka  Kepala MA Muhammadiyah Plus, Anwar Basyit, S.P dan pemandu acara ketua IPM Mutiara Sani ini,  merupakan wujud Program  Sakola Event dan  bentuk kolaborasi Prodi Ilmu Hadis  dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Madrasah Aliyah Muhammadiyah Plus Cisaat. Dengan tetap mematuhi prokes ketat.

Tampil sebagai pembicara sekaligus ketua Program studi Ilmu Hadis Agus Suyadi Raharusun LC. M.Ag, dan moderator  Indra Taufik Shaleh, M.Pd.I.

Seminar yang dikuti 150 peserta ini, dihadiri oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kadungora, Pimpinan Cabang Aisyah serta ketua KNPI Kecamatan Kadungora serta segenap dewan guru Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Cisaat. Nampak para peserta seminar begitu antusias dan penuh hikmat mengikuti sampai tuntas. Dan acara berjalan sukses tanpa kendala apapun.

Dalam Pesannya, Agus Suyadi Raharusun berharap kepada para peserta untuk cerdas dan bijak menerima semua informasi tentang pesan pesan hadis.Sembari Ia  meminta mahasiswa untuk selektif menerima semua pesan pesan   atau di uji kebenaran (keshahihan) nya.

“ Setiap informasi yang datang, kita harus melakukan cek an ricek,  selektif menerima informasi, termasuk pesan-pesan hadis yang beredar di dunia maya, karena banjir informasi yang tidak terbendung di era serba digital, seperti saat ini, rentan membuat kita menerima informasi yang tidak tepat dan akurat.” tegas Agus Jebolan Universitas Al-Azhar Mesir ini.

Acara berlanjut dengan bedah buku “Sabda Cinta, Filanftropi Hadis” dengan menghadirkan salah satu perwakilan penulis buku dari KORPS Kepenulisan Ilmu Hadis yakni Haura Alfiyahnida, dipandu dua Host Mahasiswa Ilmu Hadis,Falikh dan Elsa. Suasana acara semakin semarak dan hangat dengan menampilkan akustik dari Pesan-Trend.

Acara program Sakola Event ini, ditutup dengan pembagian hadiah buku bagi penanya serta pemberian cendramata dari Jurusan Ilmu Hadis kepada Madrasah Aliyah Muhammadiyah Cisaat dan dilanjut dengan penandatanganan kerjasama antara jurusan Ilmu Hadis UIN Sunana Gunung Djati Bandung dengan MA. Muhammadiyah “Plus” Cisaat.

Kedua belah pihak sepakat untuk terus menjalin silaturahmi dan membangun  kerjasama sinergis agar kedepan dunia pendidikan semakin berkualitas, unggul dan kompetitif.

*** HG

Total
0
Shares
Previous Article

Ketua Jurusan Ilmu Hadis UIN Bandung, Agus Suyadi Raharusun, LC,M.Ag: Kita Harus Selektif Terima Informasi  Hadis di Dunia Maya

Next Article

Dansat Brimob Jabar: Prokes Pemutus Mata Rantai Covid-19

Related Posts