Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Cimahi Tengah

CIMAHI, Ekpos.com – Kecamatan Cimahi Tengah memberi fasilitasi Pelatihan Digital Marketing bagi pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Cimahi Tengah.

Dengan pelatihan ini diharapkan para pelaku usaha mikro bisa mengangkat produk-produk khas Kota Cimahi dan dapat dipasarkan lebih luas.

Pada pembukaan acara, Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, kegiatan ini sebagai sebuah bentuk kepedulian dari jajaran pemerintah daerah terhadap UMKM, agar mampu bersaing di era globalisasi pasar besar, dan mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah situasi Covid-19 saat ini.

“Menghadapi era globalisasi, kita dituntut untuk memiliki daya saing yang tinggi. tidak hanya bersaing dengan produk dalam negeri, tapi kita harus mampu bersaing pula dengan produk luar negeri,” katanya.

Dengan adanya globalisasi, sambung Ngatiyana, dunia yang begitu luas dan jarak antarnegara yang jauh tidak lagi menjadi penghalang untuk saling berhubungan. Termasuk dalam bidang pemasaran produk.

“Kita harus mampu memasarkan produk lokal secara lebih luas lagi. Bukan hanya ke luar kota, tapi diharapkan produk-produk UMKM kita bisa dipasarkan ke mancanegara. Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan media digital dan jaringan internet, dan platform lainnya,” sebut Ngatiyana.

Perkembangan dunia bisnis membuat proses marketing ikut berkembang. salah satu bukti perkembangannya adalah kemunculan marketing online yang bisa diartikan sebagai usaha perkenalan produk atau jasa lewat internet.

“Berdasarkan fakta, pengguna internet di dunia sudah 4,8 miliar orang lebih. Itu artinya, makin banyak orang terhubung dengan internet, sehingga upaya digital marketing mulai diperlukan,” ujarnya.

Menurut Ngatiyana, kelebihan dari digital marketing yaitu fleksibel digunakan untuk semua jenis bisnis yang ingin beralih ke online. apalagi tersedia beragam media digital marketing dari yang gratis hingga berbayar. Disamping itu dengan digital marketing akan lebih mudah dalam pengukuran keberhasilan strategi. Digital marketing pun dapat melemparkan promosi ke tingkat audiens yang lebih spesifik.

“Secara khusus saya menaruh perhatian kepada upaya penumbuhkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, termasuk upaya penumbuhan usaha pemula atau start up firms. Harapan saya dengan pelatihan ini para pelaku UMKM Cimahi bisa mengangkat produk-produk khas Kota Cimahi dapat dikenal lebih luas, dan juga ada tambahan pengetahuan bagaimana cara memasarkan produk UMKM secara online, untuk menembus target pasar yang lebih luas,” pungkasnya. ***

Total
0
Shares
Previous Article

MARHABAN YA RAMADHAN (Tiga Persiapan Penting Menyambut Bulan Suci Ramadhan)

Next Article

Kuasa hukum Reportasejabarsatu.com, AKBP (Purn) Dr. Rusman, S.H, M.H, Dilantik Dewan Pakar DPC Peradi Bandung

Related Posts