Berawal Dari Pengalaman, Prajurit Siliwangi Ciptakan Sebuah Kebanggaan

Sumedang – ekpos.com – Inovasi Genset Portable pembangkit listrik berhasil diciptakan oleh personel Kodim 0610/Sumedang Kodam III/Siliwangi, dalam hal ini Serma Yogi Yudianto, Bati Puanter Staf Teritorial yang dalam pembuatannya bersanding bahu bersama warga Dusun Cipicung, berhasil mencuri perhatian Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Mengetahui ada Inovasi dari salah seorang prajuritnya, Pangdam III/Siliwangi tertarik untuk membuktikannya dan langsung mengecek untuk mencoba fungsi serta kemampuan Genset tersebut, di Bengrah Paldam III/Siliwangi Jl. Gudang Utara Bandung, pada Jum’at (1/7/2022) kemarin.

Serma Yogi Yudianto dalam melakukan inovasi Genset Portable tersebut berkolaborasi dengan Mochamad Yunus, Dedi Supriadi dan Ateng Suhendar, mereka adalah warga Dusun Cipicung RT 11 RW 04 Desa Conggeang Wetan Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang.

Demikian disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi, Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di Kantor Pendam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022).

“Genset Portable inovasi Serma Yogi Yudianto dan rekan memiliki berat 25 Kg, mampu menghasilkan daya listrik sebesar 5000 watt dengan tegangan (arus listrik) AC 220 volt layaknya listrik PLN di rumah pada umumnya dengan masa pakai 6 jam non stop,” ujarnya.

Lanjutnya menuturkan, dengan menggunakan material yang sederhana pembuatan Genset Portable ini, menjadi ramah lingkungan.

Dalam perawatannya pun hanya dengan mengecek air pada Accu, karena sementara ini masih menggunakan Accu basah, namun dalam penyempurnaannya nanti akan menggunakan Accu Lithium.

Dilatar belakangi oleh ketertarikan pada sistem kelistrikan mobil Off Road di tahun 2014 silam, Serma Yogi Yudianto mengaplikasikan pengalamannya pada Genset Portable yang rencananya diperuntukkan bagi pertanian, juga perkebunan di wilayah Conggeang Sumedang, pasalnya di daerah tersebut pasokan litrik terbilang masih kurang memadai.

Pada awal pembuatan Genset Portable, Serma Yogi Yudianto bersama dengan warga Dusun Conggeang mengalami beberapa kendala, seperti dinamo terbakar, hilangnya pengisian, hingga panas berlebih pada Genset Portable tersebut.

Salah satu upaya alternatif untuk memecahkan kendala, Serma Yudianto berinisiatif menggunakan dinamo mesin cuci, dengan rekayasa merubah Dinamo yang semula ber arus DC menjadi arus AC, selanjutnya juga merubah rasio puley yang terdapat pada dinamo mesin cuci, dengan menambahkan berbagai panel instrument.

Hasil Inovasi ini sempat dipamerkan pada event AKS (Apel Komandan Satuan), kemudian Dandim 0610/Smd mendapat perintah dari Pangdam III/Slw untuk menambah kapasitas yang lebih besar.

Dalam kurun waktu lebih kurang 24 hari, Serma Yogi Yudianto bersama warga Dusun Conggeang memodifikasi Genset Portable tersebut dengan mempararelkan 2 buah Accu menjadi 24V.

Kemudian dilakukan penggantian dinamo dengan menggunakan elektro motor 1/2 PK yang menghasilkan kurang lebih 1000 rpm. Elektro motor 1/2 PK ini selanjutnya dikombinasikan menggunakan inverter valomax 5000 Watt.
Upaya Penambahan kapasitas tersebut kemudian diuji coba. Genset dihidupkan selama 6 jam nonstop dan tidak ada kendala yang berarti.

“Saat ini genset Portable untuk sementara akan disempurnakan lagi dan akan diupayakan hak patennya, sehingga Genset Portable tersebut bisa disebarluaskan kepada masyarakat khususnya di wilayah pertanian, perkebunan, hingga ke masyarakat pedalaman,” tegas Kapendam. (Red/Pendam III/Siliwangi).

Total
0
Shares
Previous Article

Mahalnya Biaya Politik, Disebut LaNyalla Jadi Penyebab Tingginya Korupsi

Next Article

Perkuat Pengamalan Pancasila, Komandan Korem 102/Pjg Launching Kampung Pancasila BERKAH

Related Posts