TNI AL KONSISTEN LAKUKAN PEMBINAAN WILAYAH PERTAHANAN LAUT

 

Jakarta – Ekpos.com, 8 Agustus 2022 “TNI Angkatan Laut konsisten melakukan pembinaan wilayah pertahanan laut,” demikian dikatakan Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadipotmaral) Laksamana Pertama TNI DR. Suradi A.S saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Babinpotmar (Bintara Pembina Potensi Maritim) Tahun Anggaran 2022 di Lantamal IX Ambon. Senin (8/8).

Acara pembukaan pelatihan yang juga dihadiri Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina merupakan tindak lanjut dari Perintah Harian dan Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk membangun SDM TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Selanjutnya Kadispotmaral menjelaskan bahwa pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) sebagai salah satu tugas TNI AL, dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk menyiapkan seluruh potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara besifat semesta. Dawilhanla dilaksanakan melalui Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar).

Menurut Laksma Suradi, dalam mewujudkan tugas-tugas tersebut TNI Angkatan Laut melaksanakan beberapa program yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan Pembinaan Insan Potmar karena insan Potmar sebagai ujung tombak dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu, TNI AL menyelenggarakan Pelatihan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) sebagai upaya untuk mewujudkan insan potmar yang profesional yang memiliki kompetensi dan kemampuan binpotmar serta sebagai sarana untuk membekali kemampuan para babinpotmar dalam menyelenggarakan kegiatan potmar di wilayahnya masing-masing,” ujar Laksma Suradi.

Selain itu Kadispotmaral juga berharap agar Babinpotmaral memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip dalam pengelolaan potensi maritim untuk kepentingan pertahanan negara, memiliki kemampuan bersosialisasi dan memotivasi masyarakat dalam upaya bela negara, memiliki kemampuan berkoordinasi dan bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah setempat dalam pembinaan potensi maritim dengan mengakomodasikan kepentingan pertahanan negara di lingkungan tugasnya dan memiliki kemampuan menyusun, mengumpulkan dan menyajikan data potensi maritim yang diperlukan oleh satuan untuk kepentingan pertahanan negara.

“Laksanakan pembinaan potensi maritim yang tidak hanya berorientasi kepada pendekatan kesejahteraan semata, tetapi juga melakukan upaya-upaya pendekatan kepada stakeholder yang memiliki sarana prasarana yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung tugas TNI Angkatan Laut,” pesan Kadispotmaral.

Pelatihan Bapinpotmar yang diselenggarakan oleh Dispotmaral tersebut berlangsung selama satu bulan. Kegiatan selain digelar Lantamal IX Ambon juga telah digelar di Lantamal V Surabaya beberapa waktu yang lalu dan di Lantamal VI Makassar. Pelatihan diikuti 150 personel Babinpotmar.

Kadispotmaral dan Danlantamal IX Ambon di sela-sela kegiatan pelatihan juga melaksanakan panen budidaya ikan hasil kegiatan para Babinpotmar dan penanaman 100 bibit pohon kelapa.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Pedagang Kaki Lima Karawang Wajib Mendapatkan Informasi Publik dan Peningkatan Usaha

Next Article

Satgas TMMD Reg Ke-114 Kodim 1710/Mimika Bantu Warga Setempat Yang Sedang Kedukaan

Related Posts