Bertemu di Perairan Perbatasan, Kapal Patroli Bakamla RI dan Malaysia Patroli Bersama

 

Batam – ekpos.com – KN Belut Laut-406 dan Kapal Patroli Malaysia KM Marudu pada TW 1104.0800 WIB bertemu di titik Rendezvous (RV) 01°23’529’’U – 103°04’829″T, untuk melaksanakan patroli bersama dengan tajuk Operasi Optima Malindo-29B/22 di perairan perbatasan Indonesia Malaysia, kemarin.

Rangkaian kegiatan Operasi Optima Malindo-29B/22 yang dilakukan diantaranya KN Belut Laut-406 passing exercise starboard to starboard, penghormatan lambung kanan, KM Marudu sandar lambung kiri pada lambung kanan KN Belut Laut-406 dan pertukaran informasi. Setelah itu, patroli bersama dilaksanakan bersama-sama dalam mengamankan wilayah perbatasan.

Adapun KN Belut Laut-406 dalam patrolinya mengutamakan perlindungan nelayan Indonesia, sesuai dengan perintah Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia. Selain itu, memberikan perhatian khusus agar tidak masuk perairan Malaysia.

Penyelundupan TKI ilegal, barang-barang terlarang seperti elektronik, narkoba, dan minuman keras tak luput menjadi target dalam operasi ini.

Komandan KN Belut Laut-406, Letkol Bakamla Eko Yudi Mardianto mengatakan, patroli Malindo-29B/22 ini merupakan bentuk kolaborasi dengan maritim Malaysia dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan. “Terlebih, ini bukti nyata bahwa Bakamla hadir di daerah perbatasan untuk melindungi nelayan Indonesia,” ujarnya. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Dua Pengprov Taekwondo Sukses Gelar Musyawarah Provinsi (Musprov)

Next Article

Airlangga Tegaskan Masih Tunggu Dua Partai untuk Umumkan Capres

Related Posts