Danlantamal IX Ambon Sampaikan Safety Briefing Kepada Mahasiswa Stikes Maluku Husada

AMBON – ekpos.com – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon memberikan edukasi kepada 154 Mahasiswa Stikes Maluku Husada mengenai Evakuasi Medis Laut, bertempat di Dermaga Beaching Lantamal IX Ambon, Jumat (11/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyambut para mahasiswa dengan Safety Briefing, menyampaikan bahwa Potensi Maritim di wilayah perairan Maluku ini sangat strategis, oleh karena itu hal tersebut harus di imbangi dengan kesiapsiagaan tenaga medis Laut.

“Perlu diketahui bahwa sebagai Negara Maritim yang luas laut Maluku kurang lebih 92,4%, tentunya berdampak kepada tingginya aktifitas di laut. Praktek Evakuasi Medis sangat penting, tetapi perlu diingat bahwa dalam setiap pelaksanaan kegiatan faktor keamanan haruslah menjadi prioritas utama,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapten Laut (K) Agus Wijaya selaku Ketua Tim Pelaksana Latihan sekaligus merangkap sebagai Dosen yang mengisi banyak materi kesehatan di STIKES Maluku Husada menyampaikan, tentang dalam pelaksanaan kegiatan tersebut para mahasiswa terlihat sangat antusias. Adapun beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut adalah pertolongan korban tenggelam secara perorangan/team, pengelolaan korban di perahu karet, cara bertahan hidup di laut dengan teknik uitemate atau teknik mengapung di laut serta Resusitasi Jantung Paru, dan juga Selam Dasar.

Kegiatan tersebut juga sesuai dengan salah satu perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. “Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan bekal keterampilan Evakuasi Medis Laut bagi para mahasiswa guna menunjang pengabdian mereka pada masyarakat kelak,” kata Kapten Laut (K) Agus Wijaya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., M.Tr. Opsla, Aspers Danlantamal IX, Aspotmar Danlantamal IX, Dansatrol Lantamal IX, Dandenma Lantamal IX dan Kasatker Lantamal IX. (Dispen Lantamal IX)

Total
0
Shares
Previous Article

Diduga Tanpa Ada Kajian, Halte Bus di Kota Bandung Mangkrak

Next Article

Amankan KTT Presidensi G20, Unsur-Unsur TNI AL Digelar Di Sektor-sektor Strategis

Related Posts