Peringati Hari Pahlawan, Korem 102/Pjg Adakan Saresehan Dirumah Tjilik Riwut

Palangka Raya – ekpos.com – Komandan Korem 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E, M.M hadiri Sarasehan hari Pahlawan di Rumah Pahlawan Nasional Tjilik Riwut jalan Jenderal Sudirman Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, Kamis (10/11).

Dalam sambutan, Danrem 102/Pjg mengatakan bahwa, Kita semua adalah pahlawan, pahlawan bagi keluarga, Kita berkumpul bersama disini untuk mengambil teladan dari seorang Pahlawan Tjilik Riwut. “Kehadiran semuanya malam ini menjadikan saya yakin dalam membantu pemerintah daerah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat. Saya titip kepada pemerintah daerah agar bisa membina/mengkader Tjilik Riwut baru yang mampu bersaing di tingkat Nasional. Peringatan hari pahlawan adalah momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Semangat kepahlawanan berarti semangat persatuan dengan tidak membedakan golongan. Semangat hari pahlawan juga tidak cukup dengan mempertahankan, melainkan dengan membangun negeri. Hari Pahlawan tahun 2022 ini mengang-kat tema ”Pahlawanku Teladanku”,” ungkapnya.

Adapun makna dari tema ini adalah, bahwa sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Danrem 102/Pjg juga menambahkan, pada kegiatan sarasehan hari Pahlawan, kita mengangkat tema ”Keteladanan Tjilik Riwut dalam menjaga persatuan bangsa di wilayah Kalimantan Tengah”. “Harapan kita adalah dengan sarasehan ini akan terjalin silaturahmi terwujudnya hubungan yang harmonis dan penuh keakraban antar anak bangsa diwilayah Kalimantan Tengah. Sekilas saya mengajak kita semua untuk senantiasa meneladani ketokohan Tjilik Riwut, khususnya dalam hal ketulusan dan kesederhanaannya,” imbuhnya.

Penampilan Tjilik Riwut yang bersahaja, seolah tak berjarak dan tidak membeda-bedakan status sosial, menjadikan beliau selalu dekat dengan siapapun, termasuk dengan anak buahnya.

Danrem 102/Pjg juga menegaskan, pada sisi lain kehadiran Tjilik Riwut di tengah-tengah masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah selama bergerilya selalu dapat diterima dengan tulus ikhlas. Mengimplementasikan nilai-nilai kepah-lawanan Tjilik Riwut dalam kehidupan sehari-hari, semangat cinta tanah air, pantang menyerah, mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi, menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, rela berkorban untuk bangsa dan negara, percaya pada kekuatan sendiri dan tenggang rasa.

Dengan demikian, seluruh komponen bangsa di Kalimantan Tengah SATU FREKUENSI untuk membangun Kalimantan Tengah.

Pada acara Sarasehan tersebut sebagai narasumber Bapak Sidik R. Usop (Dosen, Sejarawan), Syilvana Ariyani Hamarig Toemon Cucu Tjilik Riwut (Mewakili Keluarga Tjilik Riwut) dan Muhammad Alfian Mawardi (Ketua DPD KNPI Kalteng).

Bapak Sidik R. Usop menyampaikan, Rapat damai Tumbang Anoi 1894 merupakan tonggak sejarah peradaban masyarakat Dayak Kalimantan, Kebangkitan budaya adat, Luas wilayah Kalimantan, Kekayaan sumber daya alam, Suku Dayak yang etnik, Kalimantan sebagai pulau harapan. Maneser Pantau Tatu Hiang harapannya bagaimana mengolah sumber daya alam yang berlimpah utk kesejahteraan masyarakat, Tiang penyangga kehidupan masyarakat Dayak (Kaum cendikiawan, kaum adat, kaum Agamawan), Hidup beradat, agar tidak berbenturan dengan pihak lain, Pemanfaatan SDA yang memperhatikan keadaan lingkungan, Mensejahterakan masyarakat Dayak Kalimantan khususnya dan Indonesia secara umum, Simbol Batang Garing adalah simbol keseimbangan antara kehidupan sosial.

Syilvana Ariyani Hamarig Toemon Cucu Tjilik Riwut (Mewakili Keluarga Tjilik Riwut), Kami sampaikan Terimakasih Kepada Danrem 102/Pjg atas nama keluarga besar Tjilik Riwut atas gagasan kegiatan ini. Kami awali dari apa kata orang tentang beliau yaitu pribadi yang Wibawa, Bijaksana, Baik, Ramah mudah bergaul dgn siapa saja. Perlu menjaga tradisi yang menjadi teladan beliau, dengan prinsip dimana bumi dipijak disitu langit di junjung. Menjaga tradisi Rumah Betang yg selalu dibawa Beliau kemana saja Beliau berada, walaupun Beliau sendiri tidak pernah tinggal di Rumah Betang. Karya tulis Beliau bisa menjadi motivasi dan Inspirasi semua orang, termasuk oleh sejarawan Dr. Sidik R. Usop. Beliau memperkenalkan Budaya, kehidupan adat istiadat tentang Dayak melalui karya tulis.

Diungkapkan Muhammad Alfian Mawardi (Ketua DPD KNPI Kalteng), Kami apresiasi Pak Danrem 102/Pjg atas kegiatan ini. Pak Tjilik Riwut pada umur 28 tahun sudah bisa mempersatukan 142 sub suku Dayak, Teladan beliau luar biasa juga memotivasi kami di KNPI. Kami ingin kita menjadi tuan rumah di tanah sendiri, Kita lihat contoh nyata di wilayah Kalimantan Tengah banyak tambang, kita bisa menjadikan mitra dalam berproses membangun Kalimantan Tengah.

Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penampilan tarian daerah, Penyerahan buku biografi Tjilik Riwut kepada Danrem dan narasumber oleh Pihak Keluarga Tjilik Riwut, Penyerahan Plakat Kepada pihak Keluarga dan narasumber oleh Danrem 102/Pjg, Penyerahan Lukisan Tjilik Riwut kepada Pihak Keluarga, Penyerahan Hasil Renovasi Rumah Veteran oleh Danrem 102/Pjg didampingi Kancab BRI Kalteng kepada Veteran, Penyerahan bingkisan dan tali asih kepada Veteran oleh Danrem 102/Pjg, serta Penyerahan pemenang lomba video ekspos TMMD ke-115 dan Lomba Desain Poster Kepahlawanan Tjilik Riwut.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Kalimantan Tengah diwakili, Danrem 102/Pjg, Kajati Provinsi Kalimantan Tengah diwakili, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah diwakili, Kasrem 102/Panju Panjung, Para Pejabat Umum Korem 102/Pjg, Walikota Palangka Raya diwakili, Dandim 1016/Plk, Danyonif R 631/Antang, , Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr beserta pengurus, Kaban Kesbangpol Provinsi Kalteng diwakili, Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng diwakili, Kepala Dinas Kominfo Prov. Kalteng, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kalteng, Para Tokoh masyarakat Provinsi Kalteng, Pimpinan Cabang Bank BRI Palangka Raya, Para Mahasiswa, Para Purnawirawan TNI AD, Pimpinan Ormas Pepabri, Veteran, FKPPI, Gerdayak, PPM, KNPI, Pemuda Pancasila, Batamad, TBBR , Hipakad, Fordayak, Kerukunan Keluarga Maluku, Kerukunan Dayak Ngaju Kahayan, Kerukunan Warga Jabar, Mandau Hapang Balundang, Perkumpulan Anak Dayak Bersatu dan Himpunan Pemuda Pemudi Nias (HAPPINAS), Pimpinan media cetak dan elektronik Provinsi Kalimantan Tengah. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Semua Obat yang Ditarik Punya Izin Edar, Ketua DPD Minta BPOM Beri Penjelasan

Next Article

Hari Pahlawan Ke-77, Walikota Dikdik Kutip Pidato Bung Karno: Berikan Aku 10 Pemuda Niscaya Ku Goncangkan Dunia

Related Posts