Kapasitas SPAM di Pemkot Cimahi Bakal Ditambah

Cimahi, Ekpos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) bakal menambah kapasitas pengolahan air bersih yang dikelola Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) Air Minum.

Kepala DPKP Kota Cimahi Endang mengatakan, semula Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang berada di kawasan Pemkot Cimahi hanya mengolah 150 liter per detik. Namun tahun depan rencananya bakal ditingkatkan menjadi 180 liter per detik.

“Tahun depan ada peningkatan debit pengolahan air minum sebanyak 30 liter per detik. Dari semula 150 liter per detik menjadi 180 liter per detik,” terang Endang pada Jumat (30/12/2022).

Endang mengatakan, rencana penambahan kapasitas pengolahan itu dilakukan berdasarkan hasil perhitungan dimana sumber air baku yang berasal dari Sungai Cimahi masih masih memungkinkan untuk memasok air untuk diolah.

“Kalau mau nambah SR (sambungan rumah) lagi berarti harus ningkatin lagi debitnya. Kapasitas air baku yg ada saat ini masih biaa menambah debit 30 liter detik,” jelas Endang.

Dia mengatakan, penambahan kapasitas pengolahan 30 liter per detik dari SPAM nantinya bisa memasok sebanyak 2.500 SR.

Sedangkan yang sudah tersambung dari SPAM tersebut sejauh ini dari 150 liter per detik yang sudah diolah ada sebanyak 4.550 SR.

“Tapi untuk tahun 2023 kita baru penyambungan untik 1.500 SR dulu untuk wilayah Cigugur Tengah dan Cibeureum. Sisanya di tahun berikutnya,” kata Endang.

Dirinya melanjutkan, penambahan kapasitas tersebut merupakan upaya dari Pemkot Cimahi untuk meningkatkan cakupan pelayanan air bersih terhadap warga Kota Cimahi. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

“Kita distribusi nonstop 24 jam dan setiap pengaduan akan langsung ditanggapi. Kualitas sudah sesuai standar yang diterapkan oleh mentri kesehatan karena rutin melakukan pemerikasaan ke lab yang sudah terakreditasi,” tegas Endang.**

Total
0
Shares
Previous Article

Panglima TNI Pantau Situasi Kamtibmas Malam Pergantian Tahun 2023

Next Article

Paman Birin: Situs Goa Liang Bangkai, Salah Satu Pesona Geopark Meratus

Related Posts