Disdik Jabar akan Lakukan Verifikasi Peserta yang Berbuat Curang pada PPDB

BANDUNG, Ekpos.Com >> Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) akan melakukan verifikasi secara transparan dan akuntabel  kepada peserta yang terbukti curang pada beberapa jalur di tahap I Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sekretaris Disdik Jabar, Yesa Sarwedi Hamiseno mengatakan, panitia PPDB di masing-masing sekolah juga telah diimbau mengenai tindak lanjut pada peserta yang mencoba untuk berbuat curang dengan mengakali beberapa jalur untuk bisa masuk sekolah tujuan.

“Persiapan hingga pendaftaran sesuai zonanya ya harus transparan. Kalau bukan ekonomi tidak mampu, gak usah ngaku peserta tidak mampu. Prestasi, gak usah seolah-olah dibikin berprestasi,” ujar Yesa saat diskusi Gaspol PWI Pokja Gedung, Kamis (15/6/2023).

Dijelaskan Yessa, sejauh ini pihaknya telah melakukan beberapa langkah dalam pelaksanaan PPDB 2023

  1. Hasil PPDB tahap pertama dipastikan tidak dipengaruhi pihak lain

PPDB Jabar 2023 tahap pertama atau afirmasi ini dimulai sejak 6-10 Juni 2023. Tercatat ada sebanyak 317 ribu siswa-siswi yang mendaftarkan diri di tahap ini. Selanjutnya, panitia akan melakukan verifikasi dan uji kompetensi dari masing-masing jalur pendaftaran.

Adapun tahap pertama PPDB ini meliputi jalur Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), kondisi tertentu, perpindahan tugas orangtua atau anak guru, prestasi, dan jalur rapot. Disdik Jabar memastikan akan transparan dalam menentukan hasilnya nanti.

“Transparan artinya keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pihak lain. Itu harus dipenuhi peserta didik dan panitia,” ungkapnya.

  1. Verifikasi sudah dilakukan sejak hari senin kemarin

Adapun untuk hasil keputusan verifikasi berkas dan uji kompetensi ini nantinya akan diumumkan pada 20 Juni 2023. Saat ini, kata Yesa, seluruh sekolah SMA, SMK, dan SLB melakukan input data pendaftaran tahap I ke Kantor Cabang Dinas (KCD).

“Alhamdulillah Senin kemarin sudah semua terverifikasi, termasuk masa sanggah, mengahadapi sanggah dari peserta didik,” katanya.

Setelah tahap satu rampung, Yesa mengatakan, Disdik Jabar kemudian akan menlanjutkan PPDB tahap dua atau zonasi pada 26-30 Juni 2023.^

 

Total
0
Shares
Previous Article

PPDB SMA/SMK Tahun 2023 Objektif, Transparan dan Akuntabel

Next Article

Memberi Manfaat Bagi Masyarakat, Lanal Simeulue Bersama Jalasenastri Cabang 8 Korcab I DJA I Gelar Bakti Kesehatan

Related Posts