Menko, Airlangga Dorong Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dan Penyaluran KUR di

Sumedang – ekpos.com – Ketua Umum Partai Golkar yang jug Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, meninjau progres pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi menuju Dawuan di Jawa Barat, Jum’at (23/6/2023).

Jalan tol ini juga menjadi akses utama ke Bandara Kertajati dari wilaya di sekitar Jawa Barat.

Dalam kunjungan tersebut, Menko, Airlangga juga melihat pembangunan rest area dan melakukan penanaman pohon simbolis untuk mendukung Upaya Green PSN.

Selain itu, ia berdiskusi dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tentang proyek Proyek Strategis Nasional (PSN) lainnya di daerah tersebut.

“PSN salah satunya selain jalan tol juga ada 7 bendungan. Kemudian juga beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan-kawasan. Pelabuhan patimban juga terus didorong, karena Jawa Barat ini, daerah Rebana ini, merupakan daerah industri otomotif dan sekaligus pertanian,” ungkap Menko, Airlangga kepada media.

Menko, Airlangga mendorong percepatan penyelesaian PSN di Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomian daerah dan mendukung visi besar Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Selanjutnya, Menko, Airlangga menyambangi Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang.

Di sana, ia menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada beberapa debitur dan berdiskusi dengan warga dalam acara Edukasi dan Literasi Keuangan Inklusif, KUR, dan KEJAR bagi Pemuda, Perempuan, dan UMK yang Berkelanjutan.

Menko, Airlangga juga mengimbau pemerintah daerah untuk memanfaatkan KUR sebanyak-banyaknya untuk mendukung pelaku ekonomi.

“Plafon (KUR) yang disediakan Pemerintah tahun lalu Rp370 triliun. Dan tahun ini Rp450 triliun. Jadi Pak Bupati, bisa digenjot Kredit Usaha Rakyat sebanyak-banyaknya, karena plafonnya ada, dan tahun kemarin sektor pertanian Rp70 triliun,” ujar Menko, Airlangga saat sesi tanya jawab bersama warga yang hadir di pendopo.

Selama kunjungan tersebut, Ketua Umum Partai Golkar ini juga melakukan shalat Jum’at di Masjid Agung Sumedang dan menyumbangkan satu ekor sapi kepada panitia kurban untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, sejumlah pejabat dan perwakilan BUMN dan BUMD. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Kemendagri Dorong Koordinasi dan Sinergi Lintas Sektor, Guna Percepatan Penurunan Stunting

Next Article

Pemanfaatan FABA, Wujud Nyata PLN Dalam Pelestarian Lingkungan

Related Posts