TNI AL DAN BADAN GEOLOGI KEMENTERIAN ESDM JALIN KERJA SAMA DALAM BIDANG DATA DAN INFORMASI KELAUTAN

 

Jakarta – Ekpos.com, 20 Juli 2023 TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menjalin kerja sama dengan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam bidang data dan informasi kelautan untuk pembangunan nasional.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AL yang diwakili oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dengan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Dr. Ir. Sugeng Mujiyanto M.Sc., M.Env., Eng.Sc bertempat di ruang Anjungan Pushidrosal, Jakarta Utara, Kamis, (20/7/2023).

Penandatangan perjanjian kerja sama antara TNI AL dan Badan Geologi Kementerian ESDM tersebut sebagai tindak lanjut beberapa waktu yang lalu tentang rapat pembahasan kerjasama mengenai penyelidikan, pengelolaan data dan informasi geologi, geofisika bawah laut, serta hidro-oseanografi.

Tujuan dari Perjanjian TNI AL dan Badan Geologi tersebut untuk menyinergikan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki di kedua belah pihak sehingga dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan atas dasar persamaan kedudukan dan saling memberi manfaat dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam lingkup kerjasama kegiatan yang dilakukan kedua belah pihak antara lain penyelidikan dan pemetaan, pertukaran dan pemanfaatan data serta informasi geologi kelautan, geofisika bawah laut dan data hidro-oseanografi, pemanfaatan penggunaan sarana, prasarana dan sumber daya manusia, peningkatan kemampuan sumber daya manusia, integrasi web geoportal, dan publikasi dan diseminasi.

Di akhir acara Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM beserta staf melaksanakan kunjungan ke beberapa dinas yang ada di Pushidrosal seperti ke Dinas Pemetaan, Indonesia Hydrographic Data Center (IHDC), Dinas Produksi dan Distribusi, diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.

Hadir dalam kegiatan beberapa pejabat utama Pushidrosal, di antaranya Irpushidrosal Laksamana Pertama TNI Rony Saleh, Kapoksahli Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Suhendro, S.A.P., M.Si. (Han), Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc serta beberapa staf Badan Geologi.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Lanal Bengkulu Sosialisasikan Materi Keselamatan Melaut Bagi Nelayan di Desa Linau

Next Article

TNI AL Gelar Kegiatan Surya Bhaskara Jaya, Dukung Program Keluarga Keren Bebas Stunting

Related Posts