Cegah Kebakaran, Personel Lanal Bandung Latihan Pemadam Kebakaran

Bandung – ekpos.com, Mengantisipasi terjadinya kebakaran, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung melaksanakan latihan pemadam kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No.8 Kota Bandung, Kamis (27/07/2023).

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc,. M.Tr.Hanla., yang diwakili Pgs. Pasops Lanal Bandung Mayor Laut (P) Nanang Sopian mengatakan bahwa latihan penanggulangan bahaya kebakaran di lingkungan Lanal Bandung ini kiranya dapat meningkatkan kesiapan personel dalam menghadapi bahaya kebakaran.

“Pahami dan laksanakan sosialisasi penanggulangan kebakaran ini, sehingga apabila terjadi kebakaran seluruh personel Lanal Bandung dapat dengan cepat, tepat dan efesien dalam menanggulanginya,” ujarnya.

“Namun tidak kalah penting adalah pencegahan terjadinya kebakaran mulai dari lingkungan masing-masing, terkait instalasi listrik perkantoran, buang puntung rokok pada tempatnya dan lain-lain, jangan sampai terjadi kebakaran sehingga dapat merugikan kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Bapak Wildan selaku Instruktur dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung menjelaskan bahwa kebakaran merupakan api yang tidak bisa dikendalikan. Walaupun ada api besar jika bisa dikendalikan, tidak dapat disebut sebagai kebakaran, namun api kecil dan tidak bisa dikendalikan akan menimbulkan kebakaran.

Pada kesempatan itu, kepada seluruh Personel Lanal Bandung juga dikenalkan berbagai jenis alat pemadam kebakaran serta fungsinya untuk menghindari kekeliruan dalam penggunaannya, karena masing-masing alat mempunyai spesifikasi terhadap penyebab terjadinya kebakaran. Dalam langkah memadamkan api, adalah penting mengetahui jenis kebakarannya, karena kekeliruan menggunakan alat pemadam kebakaran akan menimbulkan bahaya bagi diri sendiri.

Untuk mengenalkan penggunaan alat pemadam kebakaran, kepada seluruh peserta latihan diberikan kesempatan untuk berlatih menggunakan alat-alat pemadam kebakaran disertai penjelasan dalam setiap macam kebakarannya.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Acara Serah Terima Jabatan Komandan KRI Torani-860 di Satrol Lantamal I

Next Article

Aster Panglima TNI Tinjau 8.000 Pohon Mangrove di Desa Pagatan Besar

Related Posts
Read More
Jakarta – ekpos.com, 27 Desember 2022- Jabatan Asisten Pengamanan, Kerja sama dan Perbatasan (Aspamkersamtas) Danpushidrosal dan Ka Akun…