Wujudkan Solidaritas Di Kawasan, Militer Negara Anggota ASEAN Sepakat Latihan Di Natuna

Jakarta – Menjelang dilaksanakan  Latihan Gabungan Bersama (Latgabma)  dengan  Negara Asean  yang diberi nama ASEX 01-Natuna  (Asean Solidarity Exercise) 2023,  rombongan dari Markas Besar (Mabes) TNI  dan Basarnas  (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) melaksanakan  tinjau medan/survey  di Natuna dan Batam mulai Kamis 10 sampai dengan Sabtu 12 Agustus 2023. Kegiatan awal  tinjau medan  diawali rapat dipimpin olah Asisten Operasi (Asops) Kogabwilhan I  Laksma TNI Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc. di Lantamal IV  Batam  pada Jumat (10/8/2023).
Asops Pangkogabwilhan I Laksma TNI Bambang Dharmawan  dalam rapat memaparkan  bahwa kegiatan yang akan kita lakukan bertujuan untuk menyamakan persepsi sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan ASEX 01-Natuna mulai dari tahap perencanaan hingga pengakhiran dan diharapkan akan menghasilkan kesepakatan bersama dari masing-masing delegasi terkait penyusunan skenario latihan. Termasuk pelibatan Alutsista, pengawak beserta asetnya dan finalisasi jadwal serta tempat latihan.
Setelah repat usai,  rombongan Batam meluncur kesejumlah tempat yang akan dijadikan tempat sejumlah kegiatan seperti Hotel  Radisson  sebagai tempat para pejabat VVIP (Very Very Importan Personal) tamu Negara dan   Dermaga  Batu Ampar- Batam sebagai tempat akan dilaksanakan acara Pembukaan Latgabma ASEX 01 – Natuna nanti. Sementara di Natuna tempat yang menjadi  pusat kegiatan seperti  Selat Lampa dan  pulau Sabang Mawang sebagai  titik lokasi   di wilayah perairan Natuna Selatan yang masuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).
Perlu diketahui bersama dipilihnya Natuna dan Batam sebagai tempat latihan adalah  gagasan yang pernah disampaikan oleh    Panglima TNI Laksamana TNI  Yudo Margono beberapa waktu yang lalu  saat konferensi pers di hadapan awak media. Panglima  TNI menjelaskan  ketika itu bahwa Latgabma Asex 01 – Natuna   bukan merupakan latihan militer bersenjata melainkan latihan yang menitikberatkan pada latihan non tempur seperti Operasi Patroli Gabungan Maritim, Evakuasi Medis, Search and Rescue (SAR) serta Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR) atau pemberian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di wilayah yang disimulasikan terdampak bencana.
Menurut rencana Latma ASEX 01-Natuna yang rencananya akan dihadiri oleh seluruh Panglima Angkatan Bersenjata negara anggota ASEAN. Kegitan ini akan  berlangsung pada 18 hingga 25 September 2023 mendatang. Sehingga tempat-tempat yang akan dijadikan Latma telah disurvei  secara cermat dengan pertimbangan-pertimbangan taktis agar dapat berjalan optimal  demi kehormatan bangsa dan Negara di mata dunia Internasional.
Total
0
Shares
Previous Article

Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Hadiri Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Penanganan Stunting

Next Article

Serius Berantas Narkoba, Pangkalan TNI AL Simeulue Laksanakan Sidak Uji Bebas Narkoba

Related Posts