Pemkot Cimahi Dorong UMKM Tembus Pasar Global

photo : BS

Cimahi, Ekpos.com

Pemkot Cimahi terus mendorong agar UMKM bisa melakukan terobosan terobosan konten baru, sehingga bisa bersaing di pasar global.

Demikian diungkapkan Pj Walikota H. Dikdik Suratno Nugrahawan,didampingi  Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Perindustrian serta UMKM (Disdagkoperin-UMKM) Hella Haerani serta Kepala Bidang Koperasi M. Emir Faisa saat menghadiri gelaran berbagai perlombaan dalam  HUT Kemerdekaan RI Ke 78,  di Halaman Convention Hall Technopark, Jumat (1/9/2023).

Menurut Dikdik, pihaknya mengakui kegiatan UMKM ini merupakan sebagian program dari pemerintah Kota Cimahi.

“Untuk dapat menumbuh kembangkan para UMKM di Kota CImahi, bahwa Cimahi ini sebuah Kota, yang artinya dalam kota ini merupaka sebuah jasa dan usaha bagi para UMKM,” terang Dikdik.

Jadi, papar Dikdik, pemerintahan Kota Cimahi mendorong konsepnya untuk melahirkan UMKM konten baru.

“Ketika ada UMKM yang dapat mengakses pasar global, kita harus mengapresiasinya, dan bahwa ini merupakan sesuatu yang sudah berhasil,” tandasnya.

Sebab kata Dikdik, bagaimana produk-produk yang sudah dihasilkan oleh para UMKM-UMKM dalam pasar global ini.

“Produk-produk kualitasnya harus tetap dijaga, maka dari itu nanti akan ada pembinaan dari Disdagkoperind terkait dengan management mutunya atau pendampingan aspek terkait,” tambah Dikdik.

Sehingga UMKM yang sudah maju ini dan berkembang, tetap bisa menjadi contoh bagi UMKM-UMKM yang lainnya.

Bahkan dijelaskan  Dikdik, pihak Pemerintah Kota Cimahi telah mengeluarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) di kota Cimahi bagi para UMKM sebanyak 11 ribu NIB.

“Tapi yang terdata di Disdagkoperin ini, dan yang memperlihatkan aktifitasnya ada 5.800 UMKM,” tandas Dikdik.

Berarti kata Dikdik, ada sisa UMKM yang perlu dikembangkan lagi baik di bidang SDM, bahan baku dan permodalan.

Sementara, Hella Haerani menjelaskan, dengan kegiatan para UMKM memperingati HUT RI ke 78 merupakan prakarsa dari Ketua Himpunan UMKM Kota Cimahi Dani Hamdani.

“Sebetulnya kegiatan ini adalah prakarsa dari Himpunan UMKM Kota Cimahi, dari kecamatan Cimahi Utara, Tengah dan Selatan,” jelas Hella.

Sekretaris Himpunan UMKM Kota Cimahi , Selvi Putri yang biasa dipanggil teh Vi ini menjelaskan bahwa para peserta yang ikut kegiatan lomba memperingati HUT RI ke 78 sebanyak anggota UMKM se Kota Cimahi 1.500 anggota dan yang ikut lomba hanya 100 anggota perwakilannya.

“Alhamdulillah yang mengikuti kegiatan ini diikuti anggota kami sebanyak 1.500 orang, yang terdiri dari Kecamatan Cimahi Utara, Tengah dan Selatan,” tandasnya.(HG/DJ)

Total
0
Shares
Previous Article

Sambut Peringatan Hari Jadi Ke - 78 TNI Angkatan Laut Tahun 2023, Lanal Bandung Gelar Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional Tahun 2023 Secara Serentak

Next Article

Lanal Lhokseumawe Gelar Kali Bersih dan Pelepasan The Rising Tide Cek Point Lhokseumawe

Related Posts