Melalui Program Binkom Cegah Konflik Sosial dari TNI AD di Daerah Merauke Papua Selatan Dapat Menjaga Keberagaman dan Merawat Kebersamaan Untuk Indonesia Maju

Merauke – Dialog Interaktif “Cegah Konflik Sosial di Merauke Papua Selatan” adalah program Sintelad dimana Asintel Kasad Mayjen TNI Dr. Drs. Arief Jaka Tandang, M.S.C,. M.A.P. telah memerintahkan Pemateri terbaik yang handal dan profesional dari TNI AD, Kolonel Inf Totok Sutriono, S.Sos., M.M. Pamen Denma Mabesad yang telah selesai mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIII TA.2022 Lemhanas RI tersebut sangat profesional dan bertalenta.

Kegiatan Pembinaan Komunikasi/Binkom ini diikuti 300 peserta yang terdiri dari Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta Organisasi Masyarakat dan Mahasiswa serta dihadiri langsung oleh Waas Intel Kasad Bid. Jemen Intel untuk membacakan amanat Asintel Kasad sekaligus sebagai Nara Sumber dalam Program Binkom tersebut. Acara ini berlangsung di Aula Anim Ha Kodim 1707/Merauke, Senin (11/09/2023).

Bedasarkan testimoni dari peserta Binkom bahwa kegiatan yang mengambil tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial” itu, sangat penting di Era Globalisasi Informasi dan Teknologi saat ini, menuntut kita untuk mengetahui secara aktual tentang perkembangan situasi global, regional dan nasional saat ini sangat rentang dengan isu-isu negatif yang berupaya untuk memecah belah bangsa lndonesia.

Dengan adanya kegiatan Binkom ini diharapkan mampu mengingatkan kembali seluruh komponen bangsa agar bahu membahu dalam menjaga stabilitas keamanan di daerahnya masing-masing.

Dengan diadakannya dialog interaktif tentang Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan kepada komponen masyarakat diharapkan dapat mewujudkan kesadaran tentang bagaimana cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, serta konsep tentang pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan ini adalah komponen yang paling mendasar bagi bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia khususnya di Merauke Papua Selatan agar tidak terprovokasi dengan isu dan propaganda dari pihak tertentu yang ingin menganggu stabilitas nasional bangsa.

Dalam acara tersebut Peserta Binkom memberi apresiasi sangat positif terkait dengan program Binkom ini, karena sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat juang yang tinggi, membangun jiwa untuk rela berkorban yang hakiki dan berani mempertahankan NKRI tercinta dari segala bentuk hakekat ancaman. Sebagai warga negara Indonesia maka masyarakat Merauke yang berada di daerah bagian paling timur dan dikenal dengan keindahan alamnya ini, sudah berjanji dan berkomitmen bahwa membela bangsa lndonesia sudah merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara dan itu adalah harga mati dan tidak bisa ditawar tawar lagi.

Dalam acara ini menghadirkan para pemateri dari kalangan, Pemerintah Daerah yaitu Drs. Ramadayanto, M.M. (Ka Kesbangpol Kab. Merauke) serta narasumber sumber dari Staf Intelijen Angkatan Darat yang diwakii Kolonel Inf Totok Sutriono S.sos., M.M. Pamen Denma Mabesad dengan materi Pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan.

Kol Inf Totok, mengatakan bahwa masyarakat Merauke sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini dan berpandangan positif, terlihat dari beberapa pertanyaan kpd para nara sumber sangat akademis, realistis dan berwawasan luas, sebagai wujud warga negara Indonesia yang cinta NKRI harga mati dan salah satu sikap dan komentar yang sangat patriotis dari peserta Binkom yaitu “PAPUA ADALAH INDONESIA dan INDONESIA ADALAH PAPUA SUDAH MERUPAKAN HARGA MATI DAN TIDAK BISA UTK DITAWAR TAWAR LAGI,” sebutnya.

Melalui kegiatan ini, juga berharap dapat meningkatkan sinergitas yang baik secara integral antara TNI AD, Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Merauke, terutama dalam mencegah terprovokasinya masyarakat akibat berita HOAKS dan PROPAGANDA,” yang bertujuan untuk menciptakan disintegrasi bangsa.

Peserta Binkom mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. atas tereselenggaranya program tersebut semoga ke depan tetap dipertahankan dan ditingkatkan dengan harapan TNI AD SELALU DI HATI RAKYAT dan TETAP SOLID DALAM BINGKAI NKRI tercinta ini sampai titik darah penghabisan guna untuk mewujudkan Ketahanan Nasional yang Tangguh. (**)

Total
0
Shares
Previous Article

Dandim Tulungagung Ikuti Prosesi Pemakaman Militer Laksma TNI (Purn) Hadi Santoso

Next Article

Peringatan HUT Ke-78 TNI AL Dipusatkan di Surabaya

Related Posts