Dandim 0801/Pacitan Hadiri Peresmian Pangkalan TNI AL Tipe D dan Pengukuhan Danlanal Pacitan

Pacitan – ekpos.com – Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Roliyanto, S.I.P, M.I.P menghadiri acara peresmian Pangkalan TNI AL Kab. Pacitan Tipe D, sekaligus pengukuhan Danlanal Pacitan, yang berlangsung di Pangkalan TNI AL Desa Kembang, Kec. /Kab. Pacitan, Rabu (08/11/2023).

Bertindak sebagai Irup, Pangkoarmada II, Laksda TNI Yayan Fofiyan, S.T., M.Si, CHRMP, M.Tr.Opsla menyampaikan bahwa, peresmian Lanal Pacitan pada hakekatnya merupakan implementasi perencanaan strategi dalam membangun kekuatan sistem senjata terpadu untuk mewujudkan TNI AL yang profesional dan modern.

Ditegaskannya, Lanal Pacitan hadir dengan tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dan akan berperan dalam menjaga kedaulatan maritim negara Indonesia, guna melindungi sumber daya laut serta mengawasi ataupun mengendalikan lalu lintas maritim di wilayah Pacitan.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab dan peran TNI AL yang tidak terpisahkan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara Indonesia,” kata Pangkoarmada II dalam sambutannya secara tertulis.

Dalam melaksanakan tugasnya, dirinya juga mengingatkan akan pentingnya disiplin, kepatuhan dan profesionalisme Prajurit dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kehormatan, keberanian, serta loyalitas kepada negara dan rakyat. TNI AL juga harus selalu siap menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan keamanan maritim dengan segenap kemampuannya.

“Lanal Pacitan adalah investasi untuk masa depan yang lebih kuat, mari bersama-sama kita bekerja keras berinovasi dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi perubahan zaman yang semakin dinamis,” tandasnya.

Lebih dari itu, Pangkoarmada II juga menekankan dalam pelaksanaan tugasnya agar senantiasa mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI untuk mewujudkan kinerja yang profesional.

“Jadikan organisasi TNI AL sebagai bagian dari struktur komponen masyarakat Pacitan dan sekitarnya. Jaga hubungan baik dengan Pemerintah Daerah, aparat TNI – Polri dan masyarakat serta hindari hal hal yang bertentangan dengan hukum agar TNI semakin dicintai rakyat,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Roliyanto, S.I.P, M.I.P, mengucapkan selamat atas diresmikannya Pangkalan TNI AL di Kab. Pacitan serta pengukuhan Danlantamal yang baru.

“Semoga dengan diresmikannya Pangkalan TNI AL di Pacitan dapat meningkatkan kerjasama, baik TNI Polri maupun Pemerintah Daerah dalam menjaga keamanan dan ketentraman serta membantu perekonomian masyarakat khususnya di wilayah pesisir Kab. Pacitan,” tambahnya. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Banggakan Alumni SMAN 1 Pangkep, Lulusan Akmil 1995 Pecah Bintang

Next Article

Danrem 081/DSJ Hadiri Silaturahmi Forkopimda dan Para Ketua Perguruan Silat Di Ponorogo

Related Posts