Peringati Hari Pahlawan, Dandim 0801/Pacitan Pimpin Ziarah Nasional Dan Prosesi Tabur Bunga

 

Pacitan – ekpos.com – Untuk mengenang dan menghormati para pahlawan yang telah gugur, Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Roliyanto, S.I.P, M.I.P bersama Forkopimda melaksanakan ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Jl. Ahmad Yani Kab. Pacitan, Jum’at (10/11/2023).

Kegiatan ziarah nasional dan tabur bunga tersebut, selain dihadiri Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, juga melibatkan personil gabungan dari berbagai instansi terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, ASN, serta pelajar.

Rangkaian upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dipimpin oleh Dandim 0801/Pacitan. Kemudian, dalam suasana penuh khidmat mengheningkan cipta seraya memanjatkan do’a kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga di pusara para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur mendahului kita, diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Pada momen bersejarah itu, Dandim 0801/Pacitan menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Untuk itu, sebagai generasi penerus bangsa mari senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi tegak teguhnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya usai pelaksanaan ziarah nasional dan tabur bunga.

Melalui upacara ziarah nasional dan tabur bunga kali ini, diharapkan bukan hanya sebagai seremonial semata, namun harus bisa menjadi penyemangat bagi generasi penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan serta cita-cita para pendahulu kita.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah kemerdekaan ini. Sehingga, mari kita senantiasa meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur sejarah perjuangan para pahlawan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Mengenang Jasa, Dandim Tulungagung Ikuti Upacara Hari Pahlawan 2023

Next Article

Momen Peringatan Hari Pahlawan, Kodim 0801/Pacitan Selenggarakan Do'a Bersama

Related Posts