Mantapkan Keberadaan Kader, Babinsa Koramil 0801/10 Punung Ikuti Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa

Pacitan – ekpos.com – Kondisi kesehatan mental saat ini masih menjadi salah satu isu yang dikesampingan, padahal secara umum jumlah penderita gangguan mental terus meningkat.

Namun demikian, kesehatan mental tak bisa dianggap remeh, dan harus mendapat perhatian semua pihak. Karena, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan penyakit atau kecacatan lain yang timbul pada tubuh.

Menggapi hal itu, Babinsa Koramil 0801/10 Punung, Kodim 0801/Pacitan, Pelda Istyo Budi mengikuti pertemuan pelatihan kader kesehatan jiwa yang di laksanakan di Balai Desa Kendal, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Senin (13/11/2023).

Kegiatan pertemuan pelatihan kesehatan jiwa tersebut, menghadirkan narasumber dr Eka Mayasari Kepala Puskesmas Gondosari Kec. Punung, serta diikuti oleh Bidan Se-Kecamatan Punung, Perangkat Desa, RT, RW serta masyarakat.

Kepada awak media, Babinsa Koramil 0801/10 menjelaskan bahwa, pelatihan bertujuan untuk memantapkan keberadaan kader kesehatan jiwa dalam membantu tenaga Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan jiwa, sehingga terwujud derajad kesehatan jiwa yang optimal dan menyeluruh bagi setiap individu, keluarga dan masyarakat di wilayahnya.

“Oleh karena itu, dengan dibentuknya kader kesehatan jiwa pada kesempatan ini, diharapkan bisa berperan aktif dalam pengawasan dan pendampingan pasien ODGJ di setiap Desa, terutama bagi Desa yang mempunyai Pasien ODGJ,” terangnya.

Dirinya juga mengapresiasi pelaksanaan pelatihan tersebut, dan apa yang disampaikan oleh narasumber agar diperhatikan serta dipahami sehingga bisa bermanfaat menambah wawasan ataupun pengetahuan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan para kader serta tim lintas sektoral program kesehatan jiwa, sehingga ketangguhan jiwa dapat diwujudkan,” ungkapnya. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Warga Dusun Jaten di Pacitan Mulai Bisa Tersenyum

Next Article

Lanal Dumai Buka Kegiatan Survei Akreditasi Balai Pengobatan Lanal Dumai

Related Posts