Inilah 4 Alasan Indonesia Wajib Bela Palestina

dok.vice.com

Oleh : Ahmad Rusdiana

Hari-hari terakhir ini, kita disuguhi tontonan yang begitu menyayat dan mengiris hati kita. Bagaimana tidak. Di era modern yang katanya penjajahan di atas muka bumi telah dihapuskan, kaum zionis dengan leluasa seenaknya saja melakukan serangan di bumi Palestina yang tentu saja menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Serangan demi serangan terus dilancarkan kepada rakyat yang tidak berdosa. Ratusan nyawa rakyat Palestina telah menjadi korban kekejian dan kebiadaban mereka. Dilaporkan di halaman SINDOnews:5/11/023, menjadi perhatian dunia karena invasi Israel yang terus memborbardir negeri para Nabi itu. Sebanyak 9.000 warga Gaza Palestina gugur syahid, 21.000 lebih terluka. Dikabarkan masih ada sekitar 2.000 orang yang tertimbun di dalam bangunan Gaza.

Video dan foto-foto yang beredar di layar kaca dan media sosial cukuplah menjadi bukti betapa warga Palestina sangat menderita akibat serangan Israel. Tak ada lagi tempat berlindung, semua akses diblokade, yang tersisa hanyalah beberapa rumah sakit. Itu tetap rawan karena Israel beberapa kali membom RS di Gaza. Mereka yang tak terluka, sebagian memilih tinggal di kamp pengungsi meski beberapa kali diserang Israel. Ada juga yang dievakuasi ke luar Gaza untuk menghindari rudal Israel. Sebagian besar memilih bertahan di bawah dan jalan-jalan Gaza. Sungguh keimanan kaum muslim Palestina khususnya warga Gaza membuat kita iri sekaligus menaruh simpati.

Sebagai umat Islam tentu kita mencintai dan membela Palestina. Palestina bukanlah negeri biasa. Palestina memiliki sejarah panjang yang menjadikannya selalu bersemayam di hati setiap Mukmin.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا.

“Seorang Mukmin dengan Mukmin lainnya seperti satu bangunan yang tersusun rapi, sebagiannya memperkuat sebagian yang lain.” Dan beliau merekatkan jari-jemarinya.( HR. Al-Bukhari. no. 481, 2446, 6026),

Selanjutnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pernah bersabda:

مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَ سَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumamaan kaum Mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam.” (HR. Al-

Dari itu semua, ada sejumlah alasan mengapa kita bagnsa Indonesia harus mencintai dan membela Palestina. Berikut empat alasan mengapa Indonesia harus membela dan mendukung kemerdekaan Palestina sebagaimana disampaikan Ustaz Zulkifli Muhammad Ali, diantaranya:

Pertama: didalamnya Terdapat Kiblat Pertama Umat Islam; 

Masjidil Aqsha yang terletak di kota tua Yerusalem merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum beralih ke Masjidil Haram di Makkah. Baik Masjid Al-Aqsa dan Masjid Al-Haram, keduanya merupakan masjid suci yang dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. “….Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.” (QS. Al-Baqarah [2]: 143),

Kedua: Saksi Perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad; 

Allah berfirman tentang keistimewaan Masjid Al-Aqsha: “Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi di sekelilingnya agar Kami perlihatkan padanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami . Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS. Al-Isra [17]: 1) .

Ketiga: Didalamnya Terdapat Masjid Suci yang Disunnahkan untuk Dikunjungi .

Dalam satu hadis, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengunjungi tiga tempat di dunia. Beliau bersabda: “Tidak boleh bersusah-payah perjalanan, kecuali ke tiga masjid, (yaitu) Masjidil Haram (Mekkah), Masjid Rasulullah (Madinah), dan Masjidil Aqsha (Baitul Maqdis Palestina.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Keempat: Negara Islam Pertama yang Mendukung Kemerdekaan Indonesia ;

Ketika Indonesia masih berjuang untuk merebut kemerdekaannya, pada bulan September 1944, Mufti dari Palestina bernama Syaikh Muhammad Amin al-Husaini dengan semangat dan suara lantangnya memberikan dukungan untuk kemerdekaan Indonesia. Dukungan untuk Indonesia ini disiarkan melalui radio Jerman berbahasa Arab yang kemudian menyebar ke seluruh negara lainnya.

Selain alasan keempat di atas, sebenarnya masih banyak alasan lain mengapa Indonesia harus membela dan mendukung kemerdekaan Palestina. Sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Dan oleh karena itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Oleh karena itu, Sultan Mahmud Nuruddin Zanki pernah mengucapkan sebuah kata yang fenomenal: “Aku malu kepada Allah untuk tersenyum sedangkan Baitul Maqdis masih terjajah.” Sultan Abdul Hamid II bahkan pernah mengatakan: “Saya tidak akan menjual sejengkal tanah pun dari bumi Palestina.” Beliau mengatakan hal itu dengan tegas dan penuh keberanian pada saat menolak sogokan uang dalam jumlah yang sangat besar dari orang-orang Zionis Yahudi yang ingin menduduki sebagian wilayah Palestina.

Melihat perhatian khusus Sultan Shalahuddin terhadap penyebaran aqidah Asy’ariyyah, Syekh Muhammad bin Hibatillah al-Barmaki lalu menyusun kitab yang berisi bait-bait nazham dalam ilmu aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah yang ia beri judul Hada’iq al-Fushul wa Jawahir al- Ushul. Kitab itu lalu dihadiahkan oleh pengarangnya kepada Sultan Shalahuddin al-Ayyubi. Shalahuddin lantas memerintahkan kepada semua madrasah untuk mengajarkan kitab tersebut. Oleh karena itu, kitab itu kemudian terkenal dengan sebutan al-‘Aqidah ash-Shalahiyyah.***

*Penulis adalah Dosen/Gubes/ Pakar Manajemen Pendidikan Indonesia

Total
0
Shares
Previous Article

Dua Tahun Terapkan Yantek Optimization, Komitmen PLN Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Digitalisasi

Next Article

Kapolres: Polisi, Pam Swakarsa, Ormas dan Potmas gelar Apel Besar Bersinergi Jaga Pemilu Damai 2024 di Kota Tangerang

Related Posts