Pelatihan Manajemen Resiko, TNI AL Bentuk Prajurit Yang Cepat Dan Dinamis

 

Jakarta – ekpos.com, 22 November 2023  TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Disdikal) memberikan Pelatihan Certified Risk Management Professional (CRMP) khusus perwira Kowal TA 2023 yang dilaksanakan secara daring dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Sekdisdikal) Kolonel Laut ( E) Dr. Frankie Oktolim Madethen, S.T., M.Pd., CHRMP., mewakili Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksamana Pertama TNI Dodi Agus Prasetyo, S.Pi., M.A.P., CHRMP., CRMP., M.Tr.Opsla. di Ruang Vicon Disdikal Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Senin (20/11).

Program Pelatihan dan Sertifikasi merupakan pembinaan SDM untuk meningkatkan Kapasitas dan kapabilitas baik pengetahuan keterampilan dan perilaku membentuk SDM profesional dan berkinerja tinggi. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 20 sampai 25 November 2023.

Dalam sambutan tertulis Kadisdikal yang dibacakan Sekdisdikal menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk apresiasi serta kepedulian Pimpinan TNI AL terhadap keberadaan prajurit wanita dalam lingkungan kerjanya yang bekerjasama antara Disdikal dengan PT Menara Kadin Indonesia. Diberlakukannya gender equality untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender telah menempatkan Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) memiliki hak, kewajiban, tanggung jawab dan kesempatan yang sama dalam berkarier, mengemban tugas dan menduduki jabatan strategis seperti halnya prajurit pria.

“Kondisi ini tentunya berdampak pada munculnya resiko yang lebih, dibandingkan prajurit pria umumnya karena peran gandanya. Kowal harus mampu beradaptasi secara cepat dan dinamis. Oleh karena itu, pembekalan diri melalui penyelenggaraan pelatihan dianggap mampu meningkatkan profesionalisme Kowal sehingga Kowal dapat menjadi pribadi yang unggul”, ungkap Sekdisdikal.

Kegiatan diikuti sebanyak 70 perwira Kowal dari berbagai kotama menjadi perwakilan dalam sertifikasi ini yang terdiri dari strata Mayor hingga Perwira Tinggi (Pati) yang nantinya akan menerima materi dan pembekalan Instruktur dari Menara Kadin Indonesia.

Pelatihan CRMP bagi Kowal merupakan implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam mendukung kesetaraan gender di lingkungan TNI AL dengan harapan bahwa nantinya Kowal mampu menerapkan prinsip manajemen resiko dalam melakukan mitigasi terhadap segala macam resiko di dalam menjalankan perannya baik sebagai ibu ataupun sebagai anggota militer TNI AL.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Bakti TNI AL Dalam Sail Teluk Cendrawasih di Biak

Next Article

Kasal Pimpin Rakor Renaku II dan Apel Komandan Satuan tahun 2023 di Jakarta

Related Posts