Aplikasikan Moderasi Beragama, SAA FU- UIN SGD dan Brahma Widia STHN Kuturan  MPU Singaraja Bali Bangun Kerjasama Sinergis

Bali, Ekpos.Com

Untuk mengimplemnatsikan konsep Moderasi beragama supaya lebih riil dalah kehidupan, Jurusan Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin, UIN SGD Bandung melakukan kunjungan akademik ke Jurusan Brahma Widia  Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN)  MPU Kuturan Singaraja, Bali. Selasa, 19 Desember 2023  Lalu.

Kunjungan tersebut, sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kedua belah pihak sepakat untuk membangun kerjsama sinergis.

Hadir dalam kunjungan itu, Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin, Dr.Muhlas, M.Hum, Ketua jurusan SAA, Dr.Ilim Abdul Halim, M.Ag dan Sekretaris Jurusan,Dr.Mulyadi.

Dalam kesempatan itu, Dr. Ilim Abdul Halim mepresentasikan sejarah, profile, jurnal artikel,  dan keberadaan, mahasiswa, dosen jurusan SAA di depan civitas akademika STAHN Mpu Kuturan Singaraja Bali.

“ Prestasi yang di raih SAA merupakan hasil komitmen dan  sinergitas semua komponen, penghargaan yang diperoleh ini merupakan bukti dari dampak prestasi Prodi Religious Studies (Studi Agama- Agama ) UIN Sunan Gunung Djati.” Ungkap Ilim yang juga dosen Perbandingan Agama.

Menurutnya, selama Ini Jurusan Studi Agama-Agama (SAA) telah menghasilkan berbagai karya yang tercatat di SCImago Institutions Rankings (SIR). Dijelaskan  SCImago Institutions Rankings (SIR) bahwa  Religious Studies (Studi Agama- Agama ) UIN Sunan Gunung Djati menempati urutan pertama pada tahun 2023. Penilaiannya didasarkan pada Penelitian, inovasi dan kemasyarakatan.

Sementara, Ketua Jurusan Brahma Widia  STAHN)  MPU Kuturan, Dr. I Gede Wayan Gata, M.Pd., merespon positif seklaigus mengapresiasi kunjungan akadmeik SAA FU UIN Bandung. Sebagai bentuk apresiasi pihaknya, memberikan cindera mata sebagai bentuk penghargaan atas pertemuan dua institusi tersebut.

“Jurusan Brahma Widia STAHN MPU Kuturan  perlu memberi penghargaan dengan tulus dan ikhlas karena Jurusan Studi Agama-Agama telah menunjukkan upaya kemajuan bersama dengan kolaborasi dan praktik moderasi beragama, khususnya dengan Jurusan Brahma Widia STAHN MPU Kuturan Singaraja,Bali, Upaya-upaya tersebut perlu ditindak lanjuti oleh Jurusan Brahma Widia dengan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat secara bersama sama dengan Jurusan Studi Agama-Agama fakultas ushuludddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Terang I Gede Wayan Gata.*** HG

Total
0
Shares
Previous Article

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Hadiri Perayaan Natal Nasional 2023

Next Article

Wisuda Ke-95, Civitas Akademika Fakultas Psikologi Apresiasi Prestasi Ananda dan Salman Naufal

Related Posts