Terobosan Inovatif dan Jadi Model, Fakultas Ushuluddin UIN SGD Seleksi Dosen LB lewat Fit and Proper Test

Dekan FU, Prof.Dr.Wahyudin Darmalaksana, Saat meninjau langsung pelaksanaan fit and proper test seleksi dosen luar biasa, di Gedung T, Jumat, 19 Januari 2024/photo istimewa

Bandung, Ekpos.com

Awal 2024, dalam upaya  mencetak   dosen  profesional dan berkualitas. Fakultas Ushuluddin, UIN SGD Bandung melakukan  terobosan inovatif  selangkah lebih maju dari fakultas lain yaitu menggelar  Fit And Proper Test seleksi bagi 40 calon   dosen Luar biasa, bertempat  di Gedung T, Jumat, 19 Januari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Wakil Dekan I, Dr.Ecep Ismail, M.Ag. Wakil Dekan II, Dr.Muhlas, M.Hum,  Kabag TU, Drs. A.Zamroni, M.E.Sy (Pembawa Acara), Ketua Komite Penjamin Mutu FU, Dr.Tamami M.Ag dan para dosen penguji.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FU, Prof.Dr.Wahyudin Darmalaksana, M.Ag meninjau langsung pelaksanaan fit and proper test di Gedung T.

Dekan mengapresiasi acara fit and proper test sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat untuk mensukseskan acara tersebut.

Sementara, Wakil Dekan  II, Dr.Muhlas, M.Hum,  menegaskan  dengan digelar Fit and Proper Test, seleksi calon Dosen LB bisa meningkatkan  kualitas akademik dan komitmen  untuk memajukan  Lembaga.

“ Kami minta  para calon Dosen LB untuk memperlihatkan kemampuan dan kompetensi yang menjadi keharusan untuk menjadi seorang pendidik, begitu juga   dalam aspek integritas dan loyalitas.” Ujar Muhlas saat membuka acara mewakili Dekan FU.

Menurutnya, komitmen dan dedikasi dari para dosen LB dengan kompetensi keilmuan yang dimilikinya  sangat penting untuk kemajuan institusi.” Hasil dari pengbadian pihak lembaga akan memberikan sertifikat penghargaan kepada para dosen LB , semoga dengan sertifikat tadi kedepan bisa berkompetisi dalam  menunjang karir akademik kedepan” ucapnya.

Wakil Dekan I Dr.Ecep Ismail, M.Ag mengatakan  raihan   Akreditasi AUN-QA   merupakan indikator keberhasilan akademik,  sebab itu, seleksi atau  rekruitmen   calon dosen LB, sudah jelas poin yang harus dipenuhi adalah menerapkan spesifikasi  dan kualifikasi.

Semenatara, Ketua Komite Penjamin Mutu Fakultas Ushuluddin, Dr.Tamami, M.Ag mengungkapkan fit and proper test bagi para calon dosen LB merupakan tagihan akademik yang harus  direalisasikan untuk kepentingan Akreditasi dan memenuhi standar nasional perguran tinggi yang mencakup : Standar isi tentang prodi dan mata kuliah yang disajikan, Standar proses, bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan PT sebagai filter dari FT itu sendiri, dan Standar Evaluasi.

Dipaparkan Tamami, dalam pelaksanaanya, fit and proper test melibatkan 15 dosen penguji, 40 pelamar calon dosen LB.“ Nantinya kita menggunakan system ON-OFF artinya siapa yang lulus seleksi  akan ditugaskan  dalam semester ini, tergantung pengajuan dari setiap prodi, karena  kemampuan secara anggaran terbatas,  selanjutnya untuk semester kedepan akan ditugaskan yang lainnya.” Jelas Tamami

Total
0
Shares
Previous Article

Panglima Tinggi Laskar Macan Ali Siap Maju Pilwalkot Cirebon 2024

Next Article

Ciptakan Rasa Aman, Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Long Range Mission (LRM) Di Desa Boya

Related Posts