Hadiri Peresmian Pura Lokha Wira Widya, Ini yang Disampaikan Ketua PH PHDI Provinsi Jabar

 

Bandung – ekpos.com – Ketua PH PHDI Provinsi Jawa Barat, Brigjen (Purn) I Made Riawan, S.Psi, M.I.P memberikan sambutan pada peresmian Pura Lokha Wira Widya, Di Pusdikif – Pussenif Cipatat, Senin (29 Januari 2024).

Tempat ibadah berupa Pura yang diresmikan ini diperuntukan kepada umat hindu yang bertugas di jajaran Pusdikif dan Pussenif dan Umat Hindu yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Peresmian ditandai dengan Penerimaan oleh Koordinator Acara dalam hal ini adalah Dandenma Pusdikif, Letkol Inf Ida Wayan Keniten dilanjutkan dengan Pemotongan Pita di depan pintu/gapura utama pura serta Penjelasan tentang pembangunan pura dari Koordinator dilanjutkan masuk menuju ke Pelataran Pendopo Pura.

Kemudian acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan yaitu dari Ketua PH PHDI Provinsi Jawa Barat dan sambutan dari Komandan Pussenif dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Komandan Pussenif serta pembacaan do’a oleh Pinandita I Gusti Made Arya.

Ketua PH PHDI Provinsi Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan, Umat hindu di jajaran Pusdikif & Pussenif bersyukur atas terwujudnya Impian, untuk memiliki tempat ibadah yang layak bagi Umat Hindu.

“Dengan penuh rasa syukur, telah diresmikan oleh Danpussenif tempat ibadah ini sebagai tempat yang suci dengan penuh Anugerah,” ujarnya melalui keterangannya, Senin (29/1).

Lanjutnya, tempat ini bukan hanya sebagai bangunan, tetapi juga sebagai simbol kebersamaan, kecintaan dan kerukunan umat beragama yang berada di lingkungan Pussenif dan Pusdikif secara khusus, namun secara umum untuk umat hindu yang berada di wilayah kabupaten Bandung Barat dan Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, mari kita umat hindu di jajaran Pussenif dan Pusdikif berjanji dan bertekad untuk menjaga ketertiban, kebersihan dan kerapihan tempat ibadah ini.

“Mari kita jadikan tempat ini sebagai tempat yang memancarkan cahaya kebaikan, kedamaian, dan kasih sayang kepada sesama. Terima kasih yang tidak terhingga kami ucapkan kepada Komandan Pussenif dan jajarannya, serta kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan tempat ibadah ini, baik berupa sumbangan materi, tenaga, maupun do’a,” imbuhnya.

Kemudian Komandan Pussenif dalam sambutannya menyampaikan selaku pribadi dan Komandan Pussenif, Saya ucapkan terimakasih kepada Brigjen TNI (Purn) I Made Riawan, S.Psi, M.I.P beserta semua pihak yang mendorong pembangunan Pura Lokha Wira Widya ini.

“Pura ini adalah salah satu bukti adanya toleransi antar umat beragama sehingga atas kerjasama dan saling tolong menolong pura ini dapat berdiri dengan megah di hadapan kita.

Pembangunan pura ini bertujuan untuk menyediakan tempat ibadah bagi umat hindu dalam melaksanakan ibadah, sedangkan fungsi pura ini adalah sebagai tempat untuk memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya dan juga sebagai tempat memuja roh suci leluhur dengan berbagai macam tingkatannya.

Pura ini dapat digunakan oleh umat hindu yang berasal dari organik Pusdikif Pussenif dan Siswa yang sedang melaksanakan pendidikan serta warga yang beragama hindu di sekitar Desa Cipatat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada pencipta-nya.

Umat hindu dapat membentuk karakter dan moral serta spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing oleh karena itu akan berdampak kepada keselarasan, keseimbangan, keserasian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Kegiatan peresmian Pura Lokha Wira Widya di Pusdikif Pussenif Cipatat Bandung, dihadiri oleh Komandan Pussenif, Letjen TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S, M.A dan Wakil Komandan Pussenif, Mayjend TNI Totok Nurwanto, S.IP, M.Si, beserta Pejabat Utama Jajaran Pussenif serta Komandan Pusdikif, Brigjen TNI Indra Heri, S.E beserta Pejabat Utama Jajaran Pusdikif. Hadir pula Ibu Ketua Persit & Wakil Ketua KCK PCBS Pussenif beserta Pengurus Persit, Ketua Persit Cabang VI Pusdikif PCBS Pussenif beserta pengurus Persit di Jajarannya, Dandim 0609/Cimahi, Kapolres Cimahi, Danramil 0905/Cipatat, Kapolsek Cipatat, Camat Cipatat, Kades Cipatat, Umat Hindu Pusdikif/Pussenif dan Pengurus PHDI Provinsi Jawa Barat. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Amerika Serikat dan Bakamla RI Resmikan Pusat Pelatihan Maritim “Anambas” di Batam

Next Article

CIPTAKAN PANTAI INDAH, TNI AL LAKSANAKAN AKSI BERSIH PESISIR PANTAI DI SULAWESI SELATAN

Related Posts