Ubah Lahan Kosong Menjadi Produktif, Kodim 0801/Pacitan Melalui Budidaya Ikan Lele

Pacitan – ekpos.com – Di tengah upaya dalam meningkatkan program ketahanan pangan nasional, Kodim 0801/Pacitan menunjukkan langkah kreatif dengan memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya ikan lele.

Tak sendiri, dalam melakukan budidaya ikan lele Kodim 0801/Pacitan berkolaborasi dengan Dinas Perikanan Kab. Pacitan. Sebanyak 1.000 benih ikan lele di tabur di kolam terpal dengan ukuran 2 m x 7 m bertempat di lahan Makodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Jum’at (26/04/2024).

Penaburan benih ikan lele dilakukan, setelah semua proses persiapan dirasa cukup, termasuk pembuatan kolam maupun penyediaan kebutuhan pakan mulai awal penaburan hingga panen nantinya.

Dikatakan Serma Agus, anggota Kodim 0801/Pacitan bahwa, budidaya ikan lele di lahan kosong merupakan langkah nyata dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Dengan dukungan dan sinergitas dari berbagai pihak, program ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

“Kegiatan ini diharapkan tak hanya memberikan kontribusi dalam penyediaan sumber protein, akan tetapi juga membuka peluang ekonomi serta nilai tambah, sehingga berdampak positif bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan kesejahteraannya,” ujarnya usai melakukan penaburan benih ikan lele.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Roliyanto, S.I.P, M.I.P menyampaikan, akan terus berupaya mendukung program ketahanan pangan di berbagai sektor.

Selain sektor pertanian, pihaknya juga memanfaatkan lahan tidur untuk menjadi produktif dan menghasilkan salah satunya melalui budidaya ikan lele.

“Pemanfaatan lahan kosong yang sering terbengkalai secara produktif dengan budidaya ikan lele, dinilai juga dapat membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan, sekaligus dapat menginspirasi masyarakat sekitar menciptakan peluang usaha yang menjajikan,” ungkapnya secara terpisah. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Timnas Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Ketua DPD RI Do'akan Juara dan Berlaga di Olimpiade Paris 2024

Next Article

Koramil 0806-10 Pule dan Forkopimca Bersatu untuk TMMD di Desa Tanggaran

Related Posts