Sistem Pompanisasi, Alternatif Atasi Kekeringan Musim Kemarau

PACITAN || ekpos.com – Air merupakan salah satu kebutuhan primer untuk lahan pertanian. Tanpa adanya suplai air yang cukup para petani tidak dapat menggarap lahan sawahnya dengan maksimal, bahkan lebih parahnya lagi bisa berdampak gagal tanam.

Menanggapi hal itu, Babinsa Koramil 0801/09 Sudimoro, Kodim 0801/Pacitan, Serda Bambang Purnomo terus berupaya keras membantu para petani di wilayahnya dan mendorong untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

Pada kesempatan ini, pihaknya membantu petani dalam mengairi lahan sawah dengan menggunakan mesin pompa air, berada di Desa Sumber Rejo, Kec. Sudimoro, Kab. Pacitan, Minggu (09/06/2024).

Dikatakan olehnya bahwa, sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya untuk melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah, hal ini juga demi mensukseskan program ketahanan pangan nasional.

“Musim kemarau memang sudah mulai dirasakan oleh sebagian besar para petani, banyak lahan sawah miliknya mengalami kekeringan. Oleh karenanya, sebagai alternatif kami memanfaatkan mesin pompa air untuk menyedot air dari sungai dan dialirkan ke sawah,” ujarnya.

Lebih dari itu dirinya juga berharap, dengan adanya program pompanisasi ini, para petani dapat secara maksimal melakukan budidaya tanaman padi. Dimana sebelumnya dalam satu tahun panen satu kali, sekarang bisa panen dua hingga tiga kali.

“Saya yakin dan percaya dengan tekad dan semangat para petani yang tak kenal lelah dalam mengolah lahan sawahnya, nantinya dapat memberikan hasil panen yang optimal dan berkualitas, sehingga berdampak bagi kesejahteraannya yang juga semakin meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bapak Sadikun, petani (54) mengaku sangat terbantu atas pendampingan oleh Babinsa selama ini.

“Terima kasih atas kepeduliannya selama ini dalam membantu kesulitan para petani, mudah-mudahan upaya ini dapat memperbaiki perekonomian bangsa untuk tumbuh lebih maju,” bebernya. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Babinsa Wateskroyo Laksanakan Pendampingan Penyemprotan Pestisida Tanaman Padi

Next Article

Babinsa Koramil 0801/03 Arjosari Ajak Masyarakat Bergotong-Royong Bangun Desa

Related Posts