Jalasenastri Lanal Bintan Turut Sambut Kedatangan KRI Dewa Ruci Dalam Rangka Muhibah Budaya Jalur Rempah

Bintan || ekpos.com, Ketua Cabang 5 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Erni Eko Agus Susanto bersama pengurus turut serta mendampingi Danlanal Bintan dalam rangka menyambut kedatangan KRI Dewa Ruci yang membawa misi Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun 2024 di Dermaga Lanal Bintan, Tanjung Uban, Jum’at (05/07/2024).

KRI Dewa Ruci adalah Kapal Latih bagi Taruna Akademi TNI AL. Kapal legenda ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa yaitu “Dewa Ruci”. Sejak memperkuat jajaran TNI AL tahun 1953, KRI Dewa Ruci masuk jajaran Koarmada II. Selain menjadi primadona saat pelayaran muhibah, KRI Dewa Ruci pun kerap meraih berbagai prestasi bertaraf internasional.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI Dewa Ruci melakukan pelayaran yang bertajuk “Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024” ini bertujuan mengangkat khazanah budaya bertema “Jalur Rempah dan Konektivitas Kebudayaan Melayu”. Pelayaran dimulai dari tanggal 5 Juni 2024 dan kembali ke Jakarta pada 17 Juli 2024, dengan rute Jakarta, Belitung Timur, Dumai, Sabang, Melaka di Malaysia, Tanjung Uban, Lampung, dan berakhir di Jakarta.

Masyarakat Tanjung Uban sangat antusias untuk melihat lebih dekat dan berkunjung ke KRI Dewa Ruci yang sandar di Dermaga Lanal Bintan, Tanjung Uban dari tanggal 05-07 Juli 2024. Dengan rasa antusias yang tinggi, Jalasenastri Lanal Bintan turut serta berpartisipas dalam kegiatani selama KRI Dewa Ruci berada di Dermaga Lanal Bintan, Tanjung Uban.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Lewat Komsos, Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Kopda Arif Teguh Motivasi Petani Cabe Binaan

Next Article

SMSI Dorong Pemerintah Tingkatkan Keamanan Data dari Serangan Siber

Related Posts