JAMIN STABILITAS KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, TNI AL GELAR KETAHANAN PANGAN DI SULAWESI

Jakarta || Ekpos.com, 10 Agustus 2024 Dalam rangka memastikan dan menjamin stabilitas keamanan dan kesejahteraan di wilayah Sulawesi Selatan, TNI AL melaksanakan kegiatan ketahanan pangan yang dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Fera Muhammad bertempat di Desa Tamanyeleng, Barombong Kab. Gowa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (10/08).

Pada kegiatan ini, Kasal bersama Ketum Jalasenastri dan rombongan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya penanaman 2000 bibit pohon pisang Cavendish yang ditanam dilahan ketahanan pangan Lantamal VI Makassar dengan luas 5,6 hektar, peninjauan Bakti Kesehatan yang meliputi kegiatan donor darah, pengobatan umum untuk 100 orang, sunatan masal dan pemeriksaan gigi sebanyak 50 orang. Kasal dan Ibu ketum Jalasenastri juga melaksanakan makan siang bergizi bersama1000 siswa Sekolah Dasar melalui gerakan “Gemar Makan Ikan” (Gemari) dan juga Baksos penyerahan tali asih berupa sembako kepada masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa kegiatan ini guna memastikan dan menjamin kesejahteraan khususnya di wilayah Sulawesi Selatan, sehingga diperlukan adanya kolaborasi yang sinergis antar seluruh komponen bangsa. Kolaborasi ini sangat penting dalam menangkal berbagai ancaman dan hambatan yang ada, sekaligus saling bersinergi untuk memaksimalkan potensi wilayah secara optimal.

“Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan nasional, kolaborasi antara TNI AL dan aparat pemerintah daerah sangatlah penting. TNI AL berkomitmen untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam berbagai program, termasuk kegiatan penanaman pisang cavendish yang kita laksanakan hari ini. Melalui program ini, kita tidak hanya berfokus pda ketahanan pangan, tetapi juga berusaha memanfaatkan potensi besar yang dimiliki daerah ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kasal.

Lebih lanjut disampaikan bahwa keberadaan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makasar serta rencana pembentukan Pangkalan TNI AL (Lanal) tipe C di Selayar merupakan langkah konkret TNI AL dalam upaya menjaga keamanan di wilayah laut Sulawesi Selatan. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari TNI AL untuk memastikan bahwa setiap jengkal perairan Indonesia terlindungi dengan baik, termasuk wilayah Sulawesi Selatan. Selain menjaga keamanan wilayah perairan, TNI AL juga berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat pesisir.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Cegah Terjadinya Pencaloan, Danlanal Sabang Laksanakan Upacara Penandatanganan Pakta Integritas

Next Article

Bey Machmudin Apresiasi Inovasi TNI AD dalam Tangani Masalah Sampah di Sungai Citarum

Related Posts