Posyandu Desa Anjir Mambulau Barat, Rutin Dilaksanakan Setiap Bulannya

KUALA KAPUAS || Ekpos.com – Peran posyandu ditengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dilaksanakan setiap bulannya oleh Pemdes Desa Anjir Mambulau Barat bersama Puskesmas Anjir Serapat dibantu oleh mahasiswa Fakultas Perguruan Tinggi yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Anjir Mambulau Barat, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kamis (15/8/2024).

Pos pelayanan terpadu Desa melayani kesehatan bagi ibu dan anak ruang aula Desa dipadati warga masyarakat yang begitu antusiasnya memeriksakan kesehatannya, terutama bagi anak balitanya.

Dikesempatan yang sama dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Anjir Mambulau Barat, Rahmadi nampak mondar-mandir melakukan pengawasan melihat secara langsung memastikan apa yang dilakukan petugas kesehatan dalam menangani berbagai keluhan warga masyarakatnya.

“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah Desa memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utamanya adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayinya saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat,” ujar Kades kepada awak media.

Terkait kegiatan posyandu pemerintah Desa yang melibatkan mahasiswa dari dua fakultas perguruan tinggi dari kalimantan Selatan dan Tengah, Kades memberikan penjelasan, Pemerintah Desa dan di Desa ini kami telah menyediakan tempat tinggalnya untuk pelaksanaan KKN Mahasiswa ada dua dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sebanyak 10 orang yang kesemuanya wanita dan untuk Universitas Palangkaraya (Unpar) 15 orang, 5 mahasiswa laki-laki, 10 nya mahasiswa wanita, jelas Kades.

“Selaku pemerintah Desa sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan adik-adik kita ini yang terjun langsung di lapangan Kuliah Kerja Nyata. Inikan merupakan program yang diadakan oleh perguruannya melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pelayanan masyarakat bertujuan kan untuk mengintegrasikan pembelajaran teori dengan pengalaman langsung di lapangan, sehingga mereka dapat memahami dalam mengatasi permasalahan masyarakat,” tutup Kades. (Tatang).

Total
0
Shares
Previous Article

Kapolres Demak Lakukan Pengecekan, Pastikan Pelayanan Maksimal

Next Article

Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2024, Ini Penjelasan Kapolres Metro Tangerang

Related Posts