Hari Kemerdekaan, Panglima TNI Pesan Jaga Keberagaman

MADIUN || Ekpos.com – Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto menegaskan peringatan Hari Kemerdekaan memiliki makna sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang pendiri Republik ini, yaitu para pahlawan kusuma bangsa yang telah berkorban jiwa dan raga,” kata Kasrem 081/DSJ, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto saat membacakan amanat Panglima TNI pada upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Makorem 081/DSJ, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Sabtu (17/8/2024).

Oleh karena itu, Panglima TNI menyebut, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan, serta melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Setelah 79 tahun merdeka, diungkapnya, kini Indonesia telah berubah menjadi suatu negara berkembang yang sangat diperhitungkan dalam perekonomian dunia dan berperan besar dalam percaturan politik global.

Atas pencapaian dan keberhasilan itu, ia pun mengajak untuk berbangga hati dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada bangsa Indonesia.

Dalam amanat tertulisnya itu, Panglima TNI juga berpesan untuk terus merawat keberagaman bangsa Indonesia dalam bingkai kebhinnekatunggalikaan.

“Perlu kita sadari bersama, bahwa keanekaragaman Indonesia sebagai bangsa yang sangat majemuk, yang di dalamnya bermukim berbagai suku, agama, adat istiadat dan budaya, merupakan anugerah sekaligus tantangan yang harus dijaga dan dirawat oleh semua komponen bangsa,” terangnya. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Babek TNI Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 RI dan Babek Fair 2024

Next Article

HUT Ke-79 RI, Danrem 132/Tdl Bacakan Amanat Panglima TNI: Peringatan Sejarah dan Peran TNI dalam Masyarakat

Related Posts