Kapolres Kapuas Pimpin Apel Gelar Pasukan Dan Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2024

 

KUALA KAPUAS || Ekpos.com – Apel digelar di Stadion Panunjung Tarung jln Maluku Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng dipimpin langsung Kapolres Kapuas dihadiri oleh Pj Bupat Kapuas, Dandim 1011, Kajari Kapuas, Unsur Forkopimda lainnya, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Partai Politik serta Politisi dan sejumlah organisasi masyarakat, Senin (26/8).

Kapolres dalam kegiatan, turun melakukan pengecekan barisan personil yang mengikuti acara gelar pasukan

Usai melakukan pengecekan barisan personil, sarana dan prasarana sekaligus juga melakukan penyematan pita kepada masing – masing perwakilan dari Anggota TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Linmas sebagai tanda akan dimulainya Operasi Kepolisian Kewilayahan Mantap Praja Telabang tahun 2024.

“Dengan digelarnya apel gelar pasukan ini, diselenggarakan dengan tujuan untuk melaksanakan perbaikan akhir kesiapan personel sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan sehingga pilkada serentak tahun 2024 akan terselenggara dengan aman dan damai,” ujar Kapolres.

Dan ini dapat dikatakan sebagai penanda utama demokrasi karena masyarakat diajak untuk ikut serta menentukan pemimpinnya pada periode mendatang.

Oleh sebab itu, guna mengamankan pemilihan kepala daerah serentak ini, Polres Kapuas dibantu dengan unsur TNI dan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Kapuas serta seluruh elemen masyarakat lainnya menggelar operasi kewilayahan dengan sandi Operasi Mantap Praja Telabang.

Kapolres Kapuas, juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dilaksanakan guna menjamin terselenggaranya pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Kapuas dapat berjalan dengan aman lancar dan damai, berbagai potensi kerawanan telah ditetapkan untuk lakukan upaya penanganan secara propesional dan berkelanjutan.

Selain itu, keberhasilan Polri/TNI dan seluruh elemen masyarakat dalam pengamanan pemilihan tahun 2024 menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan pilkada tahun ini.

Penekanan yang disampaikan oleh kapolres Kapuas, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang ibadah bagi kita semua, ya laksanakan pengaman dengan penuh tanggumg jawab humanis dan propesional sesuai dengan SOP dengan menerapkan bagi sistem guna menjamin keselamatan personil.

Perkuat soliditas sinergitas polri dan seluruh pihak guna mewujudkan pilkada yang aman lancar dan damai jaga netralitas serta hindari tindakan yang dapat mencidrai netralitaz TNI/Polri dan seluruh pihak yang menyelenggarakan pilkada ini.

Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini, guna mengetahui dinamika berkembang untuk selanjudnya gunakan pencegahan dan penanganan secara dini gelorakan deklarasi pilkada damai kepada seluruh elemen masyarakat dan upaya guling sistem agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pemilu 2024 lakukan kordinasi dan kolaborasi antar pilar agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara propesional serta transparan sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Dan setelah kegiatan gelar pasukan ini, akan dilanjut dengan Simulasi latihan sistim pengamanan kota Kabupaten Kapuas yang akan dilaksanakan oleh personil gabungan TNI/Polri, Dinas perhubungan Satpol PP dan seluruh yang aktif berperan nanti pada saat Simulasi. “Semoga dengan latihan gabungan ini dapat meningkatkan kemampuan,” pungkasnya. (Tatang Progresif).

Total
0
Shares
Previous Article

Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil Timika Bersama Dinas Pertanian Mimika Siapkan Pohon Untuk Program Penghijauan

Next Article

IRI Tekankan Pentingnya Peran Pentahelix Dalam Penanganan Penggundulan Hutan Tropis

Related Posts