Menilik Dirjen Imigrasi Silmy Karim saat Jaga Konter Paspor di Bandara Soetta

JAKARTA – Ekpos.com – Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, menghabiskan akhir pekannya dengan cara yang tidak biasa.

Ketika sebagian orang menikmati long weekend, Silmy memilih untuk mengambil sif jaga di konter pemeriksaan paspor Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Sabtu (14/9/24).

Silmy datang pagi-pagi, sekitar pukul 05.00 WIB, mengenakan seragam hitam petugas Imigrasi. Ia memimpin apel sebelum memulai sif dari pukul 06.00 hingga 14.00 WIB.

“Pas weekend saya ngapain ya, liburan enggak jadi, jadi saya ambil kesempatan untuk ikut menjaga di konter,” ujar Silmy dengan senyum.

Dirjen Imigrasi Kemenkumham ini ingin langsung memantau dinamika perlintasan di bandara dan bercengkerama dengan para pelintas.

Selama menjalankan tugasnya, Silmy Karim berinteraksi ramah dengan penumpang. Saat memeriksa paspor seorang calon penumpang yang hendak umrah, ia menyapa,

“Ibu, assalamualaikum, Ibu mau ke mana?” Calon penumpang menjawab, “Umrah, Pak.” Silmy kemudian menanyakan apakah itu umrah pertama dan mendoakan kelancaran perjalanan. “Sehat-sehat ya, Ibu. Selamat jalan,” kata Silmy sambil tersenyum dan mengembalikan paspor.

Selain melayani penumpang, Silmy juga menunjukkan cara kerja aplikasi imigrasi yang memvalidasi status paspor, termasuk pengecekan terhadap daftar pencekalan dan data Interpol.

“Ini aktif tidak dalam daftar cekal, Interpol juga tidak,” jelas Silmy sembari menunjukkan proses validasi. Ketika memeriksa paspor seorang penumpang menuju Singapura, ia bercanda, “Berarti Bapak orang-orang baik-baik.”

Silmy menganggap waktu menjaga konter sebagai rekreasinya. Ia juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mengecek fasilitas dan memastikan semua peralatan berfungsi optimal.

“Saya ingin merasakan ada masalah apa yang perlu diperbaiki, dan memastikan peralatan serta aplikasi imigrasi terbaru ini berjalan lancar,” ungkapnya.

Di akhir tugasnya, Silmy berharap pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat. “Kami akan maksimalkan pelayanan dengan baik dan optimal untuk masyarakat. Kalau ada keluhan, laporkan saja,” pungkasnya.

Total
0
Shares
Previous Article

Menyingkap 9 Rahasia Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Next Article

POSBINPOTMAR SENGGARANG MENDAPAT KUNJUNGAN DARI DANLANAL BINTAN

Related Posts