Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Memberikan Pengobatan Gratis, Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat

 

BOGOR || Ekpos.com – Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Majelis Taklim Atthosiyah, mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa pengobatan gratis (bakti sosial) dengan tema “Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat” pada hari Sabtu (21/9/2024) di Aula MTZ Al-Athosiyah Desa Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan, serta mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua panitia Pengabdian Masyarakat, Dr. dr. Duta Liana MARS, FISQUA, CHAE menjelaskan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Pengobatan gratis ini meliputi penyuluhan kesehatan (penyakit diabetes mellitus dan hipertensi), pemeriksaan kesehatan, konsultasi dokter, pemeriksaan laboratorium (gula darah, asam urat, dan kolestrol), dan skrining keseimbangan tubuh (fisioterapi).

Pengobatan gratis diberikan oleh tenaga kesehatan dari FIKES Universitas Esa Unggul yang melibatkan ibu kader, petugas kesehatan dari Puskesmas Gunung Putri. Secara bersamaan, kegiatan ini juga melakukan pemeriksaan gigi anak dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Departemen Radiologi Kedokteran Gigi (RKG).

Hal ini menunjukkan adanya kolaborasi antar institusi pendidikan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Cikeas Udik.

Ketua Majelis Talim Atthosiyah, Ustadzah Syarifah Syifa Alhabsy dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Fikes Universitas Esa Unggul dan FKG UI. Harapannya, pengobatan gratis umum dan gigi ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya sebagai rangkaian dari acara Maulid Nabi SAW. “Semoga Masyarakat semakin peduli akan pentingnya kesehatan sehingga menjaga kesehatannya dengan baik. Terima kasih kepada para dokter yang telah berkenan memberikan pengobatan gratis yang diharapkan dilakukan setiap tahun karena antusiasme masyarakat yang meningkat,” kata Ketua RT sebagai perwakilan dari masyarakat Cikeas Udik.

Di dalam acara juga dihadiri Dr. Jerry Maratis, S.Ft., M.Fis mewakili Universitas Esa Unggul memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada panitia, Majelis Taklim Attoziyah dan masyarakat yang telah berupaya secara sinergi dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang amat besar bagi masyarakat di Desa Cikeas Udik.

Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan umum diikuti lebih dari 100 orang dewasa dan 100 anak. Masyarakat tampak sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya pengabdian masyarakat ini.

Pada akhir kegiatan, seluruh panitia dari Universitas Esa Unggul dan Universitas Indonesia, para dokter, pengurus majelis taklim, relawan dan masyarakat sekitar berfoto bersama.

Pengabdian masyarakat mendapatkan dukungan dari Wakil Rektor II Universitas Esa Unggul, Dr. Rian Adi Pamungkas, S.Kep, MNS, PHN, Dekan FIKES, Prof Dr. Aprilita Rina Yanti Eff, M.Biomed, Apt, Ketua LPPM, Laras Sitoayu, S.Gz, MKM, Ketua Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) dan Ketua Prodi Fisioterapi.

Kegiatan ini diikuti oleh para Dosen dan mahasiswa Prodi MARS dan Fisioterapi. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Dansatgas Hanpangan dan Uskup Agung Merauke, Bahas Program Strategis Nasional 1 Juta Hektar Lahan Pertanian di Merauke

Next Article

OLAHRAGA BERSAMA DAN REFRESHING PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR, RUMKITAL MARINIR CILANDAK

Related Posts