Dandim Demak: Hari Kesaktian Pancasila, Untuk Mengenang Peristiwa G30S/PKI dan Pentingnya Pancasila

DEMAK || Ekpos.com – Setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Ini adalah momen bersejarah yang diperingati untuk menghormati nilai-nilai dasar yang menjadi landasan negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Menurut Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Kav Maryoto, S.E, M.Si, M.M, Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang mendalam dalam sejarah dan kehidupan masyarakat Indonesia. Makna Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mengenang peristiwa sejarah G30S/PKI dan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, sesuai dengan Keppres Nomor 153 Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI,” ungkap Dandim ditemui di kantornya selepas pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (01/10/2024).

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan bahwa, pada peristiwa tersebut, enam jenderal serta beberapa perwira militer lainnya diculik dan dibunuh dengan keji oleh sekelompok orang yang terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. Peristiwa itu dikenal dengan sebutan Gerakan 30 September (G30S) yang memicu gejolak politik dan sosial di Indonesia, yang akhirnya berhasil diredam oleh Tentara Nasional Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila.

“Tindakan dalam peristiwa G30S ini merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai Pancasila yang menjadi ideologi dasar negara. Pancasila adalah landasan bagi kesatuan, persatuan, dan keadilan di Indonesia,” sambungnya.

Untuk menghormati nilai-nilai Pancasila dan mengenang para pahlawan yang telah gugur demi Pancasila, lanjut Dandim, pemerintah Indonesia memutuskan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sebagai refleksi terhadap Pancasila sebagai ideologi dasar negara.

“Jangan pernah kita melupakan sejarah bangsa ini. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024. Bersama Pancasila kita wujudkan Indonesia Emas,” pungkas Dandim. (Red/Pendim 0716).

Total
0
Shares
Previous Article

Semangat Hari Kesaktian Pancasila, Bersatu Wujudkan Indonesia Emas!

Next Article

Dandim Tulungagung Pimpin Upacara Wisuda Purna Tugas dan Kenaikan Pangkat 73 Anggota

Related Posts